Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-16 19:35:22

Uji Coba Pembelajaran SD-SMP di Enam Kecamatan Kabupaten Probolinggo Dinilai Sukses

CUCI TANGAN: Siswa di salah satu SD yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di Kabupaten Probolinggo, cuci tangan sebelum masuk kelas.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Selama lebih dari dua pekan, uji coba pembelajaran tatap muka di Kabupaten Probolinggo berhasil dilaksanakan. Melibatkan siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di enam kecamatan.

Fathur Rozi, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo mengatakan kalau pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap semua sekolah yang menjalani uji coba pembelajaran tatap muka. Hasilnya mereka semua sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik

Baca Juga : 6 SD dan 6 SMP di Kabupaten Probolinggo Lakukan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

"Alhamdulilah semuanya masih sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi kesehatan anak-anak Alhamdulilah semua sehat, semua sesuai yang direncanakan," tuturnya pada Tadatodays.com. Senin (16/11/2020).

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Bakal Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Saat ini pihaknya masih tetap fokus di 6 kecamatan tersebut. Jika dalam evaluasi berikutnya hasilnya kembali baik, maka pihaknya akan melakukan perluasan. Yaitu dengan melibatkan sekolah yang berada di kecamatan lain yang berzona kuning atau hijau.

"Awal rencana perluasan ada, kami lihat perkembangannya seperti apa. Kami akan evaluasi nanti akhir bulan ini, kalau statusnya hijau maka akan kita lakukan uji coba juga. Tapi akan melihat di 6 kecamatan yang ada dulu" jelasnya.

Rozi mengatakan, sekolah yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka, saat ini masih berada di zona hijau. Sehingga tetap aman untuk diteruskan. Namun jika di kemudian hari status zonanya berubah menjadi orange atau merah maka pihaknya akan memberhentikan uji coba pada sekolah tersebut.

"Perkembangan zona tetap kita update seperti apa. Tentunya kita tidak ingin adanya pembelajaran tatap muka ini justru menimbulkan adanya klaster baru," tandasnya melalui panggilan seluler.

Seperti yang di beritakan tadatodays.com sebelumnya Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo melakukan uji coba pembelajaran tatap muka tingkat SD dan SMP di 6 kecamatan pada Senin (26/10/2020) bulan lalu. Adapun sekolah yang dimaksud adalah SDN Lumbang 2 dan  SMPN 1 Lumbang, Kecamatan Lumbang; SDN Sumber Kedawung 1 dan SMPN 1 Kuripan, Kecamatan Kuripan;

Kemudian SDN 1 Sumber dan SMPN 1 Sumber, Kecamatan Sumber; SDN Sepuh Gembol 1 dan SMPN 1 Wonomerto, Kecamatan Wonomerto; SDN Bremi 1 dan SMPN 1 Krucil, Kecamatan Krucil; SDN Segaran 1 dan SMPN 1 Tiris, Kecamatan Tiris. (zr/hvn)