Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-19 20:53:04

Ular Kobra Masuk Rumah, Warga Resah, Damkar Bertindak

BERBISA: Petugas Damkar Kabupaten Probolinggo saat mengamankan ular kobra dari dalam dapur rumah warga, di Dusun Karang Juwet, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Jumat (19/3) sore.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tim Animal Rescue Damkar Kabupaten Probolinggo berhasil mengamankan ular kobra di rumah Jupri, warga Dusun Karang Juwet, Rt 02 Rw 07 Desa Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggon, Jumat (19/3/2021), sekira pukul 16.30 WIB.

Kepala Seksi Penanggulangan Damkar Kabupaten Probolinggo, Su'ud mangatakan bahwa pengamanan ular berbisa itu berawal saat pihaknya mendapat laporan dari warga setempat, bahwasanya ular tersebut masuk ke rumah Jupri.

Baca Juga : 4 Gudang di Mayangan Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Pihak Damkar pun selanjutnya menyiapkan empat personel dari regu C untuk mengamankan ular tersebut. Yang terdiri dari komandan regu (Danru), sopir, rescrue atau penyelamat dan  helper atau pembantu. "Kami langsung meluncur ke lokasi," kata Su'ud.

Tak membutuhkan waktu yang lama bagi para petugas yang sudah terlatih ini. Berkat ilmu pengetahuannya dalam penanganan hewan dan dibantu dengan alat khusus, tim yang bertugas langsung menangkap ular yang seukuran lengan orang dewasa itu di dapur Jupri. "Masuknya ke rumah, terus ke dapur," katanya.

Diketahui, ular kobra itu sempat membuat heboh warga sekitar, khususnya Jupri selaku pemilik rumah. Hanya saja tak ada warga yang berani mendekati ataupun menangkap ular tersebut, sehingga terpaksa melapor ke petugas Damkar Kabupaten Probolinggo. "Laporan melalui call center 112, pada pukul 16.15 WIB," ujarnya.

Su'ud mengatakan bahwa ular kobra itu dapat membahayakan nyawa orang, sehingga saat mendapat laporan pihaknya langsung bergerak menuju lokasi.

Saat ini ular tersebut masih diamankan di kantor Damkar setempat, dan nantinya bakal diserahkan ke tempat penangkaran hewan. (zr/don)