Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-24 23:09:15

Undi Nomor Urut, Ini Maknanya Bagi Tiga Paslon Bupati Jember

KEBERUNTUNGAN: Ketiga paslon Pilkada Jember menunjukkan nomor urut masing-masing setelah pengudian.

JEMBER, TADATODAYS.COM - KPU Kabupaten Jember resmi menetapkan nomor urut tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Jember dalam pemilihan kepala daerah (PIlkada) serentak tahun 2020.

Ketiga peserta pilkada tersebut yakni, Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian), Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun), dan pasangan Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Saif).

Baca Juga : Ketika Pemilik Nama Tuhan di Jember Lebih Akrab Disapa Pak Farida

Dalam pengundian nomor urut, paslon Faida-Vian mendapat nomor urut 1, Hendy-Gus Firjaun nomor urut 2, sementara pasangan calon Salam-Ifan mendapat nomor urut 3.

Baca Juga : Eksepsi Bawaslu dan KASN Ditolak, Sidang Kasus Netralitas ASN Digelar di PN Jember

Setelah mendapatkan nomor urut, ketiga paslon menandatangani serta membaca pakta integritas penerapan protokol kesehatan covid-19 selama masa kampanye. Di mana tahapan tersebut akan dilaksanakan mulai 26 September hingga 5 Desember 2020.

Pada saat konferensi pers usai pengundian nomor urut, masing-masing paslon mengungkapkan arti nomor urut yang akan muncul di surat suara.

Faida mengatakan, nomor urut 1 merupakan isyarat agar rakyat kembali memilihnya untuk satu periode ke depan. “Ini menandakan bahwa satu periode lagi, pilih nomor satu untuk Jember terbaik,” kata Faida.

Berbeda dengan Faida yang menjawab secara singkat, Cawabup Muhammad Balya Firjaun Barlaman alias Gus Firjaun sebelum menjawab terlebih dahulu mengacungkan telunjuk dan jempol yang membentuk L atau menyimbolkan nomor dua.

Baginya, nomor urut dua memiliki arti yang mendalam. Telunjuk yang mengarah vertikal, kata dia, berarti hubungan kepada tuhan atau yang dikenal dengan istilah habluminnallah.

Sementara, jempol yang mengarah horizontal bermakna hubungan kepada sesama manusia atau habluminannas. “Kita akan bangun hubungan habluminnallah, masyarakat Jember relegius. Habluminannas, kita makmurkan dan sejahtera warga Jember,” ujarnya.

Sedangkan Cabup Salam menuturkan semua nomor adalah nomor baik. Namun demikian, nomor 3 yang didapatkannya merupakan nomor yang sesuai dengan yang ia inginkan.

“Sesuai dengan harapan kami, kami mendapat urutan tiga. Tiga kita menyikapinya metal artinya kita siap menang total,” jelasnya sembari mengacungkan tiga jari di depan awak media.

Pantauan tadatodays.com, acara tersebut berakhir sekitar pukul 22.00 WIB. Terlihat puluhan personel polisi dan TNI berjaga di sekitar lokasi acara. Selain menerapkan protokol kesehatan ketat, KPU Jember juga membatasi jumlah undangan yang hadir.

Yakni, hanya 50 peserta saja. Kebijakan itu, diambil setelah KPU RI mengeluarkan keputusan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 sehari sebelumnya. (as/sp)