Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-07 09:06:56

Unggul atas Petahana, Haji Asim Pimpin PGRI Kabupaten Probolinggo Periode 2020-2025

DEMOKRASI: Proses pemilihan ketua PGRI Kabupaten Probolinggo periode 2020-2025 dilakukan dengan penyaluran hak suara. Hasilnya, H. Asim mengungguli Purnomo yang merupakan petahana.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Usai sudah pelaksanaan Konferensi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Probolinggo. Dari konferensi tingkat kabupaten (Konkab) yang digelar pada Jumat (5/11), hingga Sabtu (6/11) itu, terpilih H. Asim sebagai ketua PGRI periode 2020-2025.

Ketua Steering Comite (SC) Konkab, Akhmad Arif Hermawan menyampaikan kalau H. Asim terpilih dengan perolehan 378 suara. Sedangkan Purnomo yang merupakan petahana mendapatkan 307 suara.

Baca Juga : Konkab PGRI Kabupaten Probolinggo, Purnomo Melawan Bendaharanya

Ia mengatakan, pemilihan ketua ini diikuti oleh 694 anggota pemilik hak suara. Namun yang memilih hanya 689 suara, sedangkan 5 orang lainnya tidak memberikan suaranya. "Tetapi yang hadir ke konferensi hanya perwakilannya saja," terangnya pada tadaodays.com, Minggu (7/11).

Baca Juga : Selain Petahana, Muncul Nama Lain dalam Pencalonan Konkab PGRI Kabupaten Probolinggo

Arif menjelaskan karena masa pandemi, ratusan suara mereka diwakili oleh pengurus cabang dan ranting masing-masing. Jadi, total ada 198 orang yang hadir saat konferensi yang mewakili masing-masing anggotanya.

Semisal satu ranting atau cabang terdapat 5 anggota, maka yang mewakili ini tetap diberi 5 hak suara. 5 hak suara tersebut akan dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing anggotanya. "Jadi suara tetap penuh," katanya.

Selain pemilihan anggota, pada konkab itu peserta juga diharuskan memilih wakil ketua dan sekretaris.

Setelah terbentuk wakil ketua dan sekretaris, maka ketiganya yang didampingi ketua lama dan pengurus PGRI Jawa Timur akan membentuk formatur untuk memilih formasi keanggotaan. "Seperti wakil sekretaris, wakil bendahara dan sekbidnya," ujarnya.

Ia berharap ketua terpilih mampu mengayomi anggota PGRI dengan baik. Mampu menjawab kebutuhan para anggotanya, terutama untuk peningkatan profesionalisme anggota, baik dari jenjang TK, hingga SMA. "Khususnya guru-guru anggota PGRI," tuturnya.

Sekadar informasi, struktur PGRI Kabupaten Probolinggo diketuai oleh H. Asim, Wakil Ketua Sutono dan Slamet Riyadi. Untuk posisi sekretaris dijabat Akhmad Arief Hermawan, Wakil Sekertaris Muhklisin, Bendahara H. Nur Nuhud, dan Wakil Bendahara Sugianto. Mereka langsung dilantik pada hari itu juga. (zr/don)