Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-10 16:09:27

Unik, Anak Sapi Berkepala Dempet Lahir di Leces Probolinggo

DEMPET: Kepala sapi yang baru lahir milik Sukim, 43, warga Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo yang memiliki mata 4 dan juga dua moncong.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Seekor anak sapi lahir dengan kondisi berkepala dempet dua di Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo pada Senin (10/8/2020) menghebohkan warga setempat. Pemilik sapi yakni Sukim, 43, menuturkan kelahiran anak sapi berkelamin betina ini adalah kelahiran yang pertama kali dari induknya. Proses kelahirannya pun normal.

Sukim mengatakan, sapi kepala dua dempet miliknya, itu lahir pukul 03.00. Tiba-tiba sapinya langsung lahir dengan alami tanpa bantuan dari pemiliknya. "Waktu itu, saya bangun. Rencananya mau ke masjid, saya punya tugas menghidupkan pengeras masjid. Saat saya melihat sapi saya beranak, kepalanya dua dan matanya empat, saya heran," terang Pemilik Sapi, Sukim, warga Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Petani Sengon di Leces Temukan Mayat Bayi di Kebunnya

Adapun lahirnya sapi dengan dua kepala dempet, itu terjadi baru pertama kalinya di desa setempat. Karena itu pula Camat Leces, kepala desa, Babinsa Desa Pondok Wuluh, dan dokter hewan Dinas Peternakan Kabupaten Peobolinggo juga mendatangi lokasi lahirnya sapi tersebut.

Keunikan sapi kepala dempat dua itu pun viral media sosial Facebook. Usai salah satu warga setempat meng-upload videonya di Facebook di akun Hariyanto Yanto. Kalau sapi tersebut sembuh, pria yang sehari-hari berdagang pisang di Pasar Leces, itu akan merawatnya. "Yang penting sehat dan sembuh dulu, untuk masalah dijual itu belakangan," jelasnya.

Sementara itu sejumlah warga setempat antusisa melihat sapi unik itu secara gratis. Namun manakala pengunjung punya rejeki, tersedia kotak amal untuk pembangunan masjid Nurul Qur'an desa setempat. "Biar cepat selesai masjidnya," harapnya.

Kelahiran sapi tersebut bermula ada suara teriakan dari induk sapi. Sukim lalu terjaga dari tidurnya. Biasanya dia langsung ke masjid di dekat rumah. Karena sapinya lahir, maka diurus terlebih dahulu. Sementara sapi tersebut diberi minum susu. "Saya tidak tahu proses lahirnya, lahir duluan secara alami. Warga baru saya beritahu pada pagi harinya, lahirnya kan malam" jelasnya.

Sapi kepala dempet dua, itu berjenis simental atau hasil persilangan antara sapi Jawa dengan sapi Limosin. Kelainan fisik tersebut dianggap Sukim sebagai kebesaran Alla S.W.T yang mengaturnya. "Yang bikin viral, itu Allah, pertama kali ini, tidak disangka-sangka," jelasnya.

Fira Rona, warga setempat mengaku datang ke lokasi kejadian untuk melihat sapi yang memiliki dua kepala itu. "Sapinya aneh dan unik, lucu, kepalanya dua, matanya empat. Baru kali ini saya melihatnya, senang rasanya," ungkap Fira Rona, warga Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, Kota Probolinggo.

Imam, warga setempat juga mengaku penasaran saat melihat video sapi tersebut di media sosial. Sehingga usai pulang dari bekerja, dia langsung mendatangi lokasi lahirnya sapi tersebut. "Aneh sapinya, jarang ada seperti ini, saya penasaran saja. Anehnya dari kepala dan matanya berjumlah empat," terangnya. (hla/hvn)