Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-07 13:25:39

Unik, TPU di Probolinggo Ini Mirip Tempat Wisata

ANEKA WARNA: Narjih, saat berada di TPU Jrebeng Lor yang beraneka warna.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tempat Pemakaman Umum (TPU) biasanya dianggap sebagai tempat yang menakutkan, seram, bahkan angker. Wajar, sebab TPU tempat untuk mengebumikan manusia yang meninggal dunia dengan berbagai penyebab.

Namun, kesan itu sepertinya tidak berlaku di TPU yang ada di Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggi ini. Pasalnya, makam yang terletak di Jalan Abdul Hamid itu dicat warna warni, mulai dari tembok pagar, hingga setiap batu nisan layaknya tempat wisata.

Baca Juga : Proyek Pengurugan Tanah Bikin Makam dan Sawah Tergenangi Air

Tak hanya itu, TPU tersebut juga dilengkapi taman bunga di bagian depan, serta lampu penerangan. Agar kebersihan tetap terjaga, TPU Jrebeng Lor itu juga dilengkapi dengan tempat sampah.

Luas lahan tempat pemakaman khusus umat Islam itu sekitar 50 kali 7 meter persegi, dan bersebelahan dengan aliran sungai.

Juru Kunci TPU Jrebeng Lor, Narjih, mengatakan, pengecatan warna warni itu dilakukan agar TPU  tampak mewah. Sebelumnya, makam tersebut masih terlihat kumuh.

Untuk mempercantik TPU tersebut, warga sekitar menggalang dana dari para pengendara yang melintasi Jalan Abdul Hamid. "Terkumpul sekitar 300 juta rupiah," katanya. Ia memastikan, bahwa ide untuk mengecat makam dengan aneka warna itu disepakati oleh warga sekitar. (ang/don)