Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-27 17:51:56

Untuk Pembangunan Pagar Pasar Kronong, Pemkot Probolinggo Tunggu Trasferan Pusat

TAK SEDAP DIPANDANG: Keberadaan seng di area pagar Pasar Kronong, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo merusak pemandangan. Pemkot Probolinggo sendiri masih menunggu dana dari pemerintah pusat untuk mengerjakan pembuatan pagar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pembangunan Pasar Kronong di Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo telah selesai. Pedagang dan pengunjung sudah mulai melakukan aktivitas jual-beli. Namun, untuk proses pengerjaan pagar pasar sampai saat ini belum dikerjakan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) setempat, Fitriawati, memastikan bahwa pagar besi dan seng yang terpasang sementara ini belum dapat dikerjakan. Sebab, pekerjaannya masih menunggu pencairan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) yang diusulkan sebesar Rp 175 juta ke Pemerintah Pusat. "Kami menunggu transferan dari Pemerintah Pusat," katanya melalui sambungan telepon, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga : Pasar Buah Semampir Ditempati Penjual Ayam, Terlihat Kumuh

Fitri menuturkan, meski tidak menggunakan Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD), namun pembangunan pagar juga masih menunggu Detail Engeneering Desain (DED) yang direncanakan pada tahun 2021. Bila dibangun perseorangan tanpa ada kebijakan yang disepakati, pihaknya tidak berani melaksanakannya.

Baca Juga : Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam mulai Naik

Sementara itu, anggota DPRD setempat Agus Riyanto menyampaikan, terkait dana proyek Pasar Kronong masih belum sempat dibahas. Namun pembangunan Pasar Kronong masuk dalam rehabilitasi pasar, tapi tidak termasuk pembangunan pagar. "Semuanya kembali pada kebijakan dinas terkait," ujar politisi PDIP ini.

Menurutnya, bila pagar pasar belum dibangun, maka akan menganggu estetika pasar. (ang/don)