Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-17 16:54:11

Upacara Agustusan para ASN Berseragam Batik Baru Korpri

BARU: Seragam baru Korpri yang digunakan pegawai Pemkot Probolinggo dalam upacara bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (foto: agus sugiantoro/diskominfo kota probolinggo)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkot Probolinggo pada Rabu (17/8/2022) menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada pemandangan menarik dalam upacara tersebut, yaitu para ASN di Kota Mangga ini mengenakan seragam batik Korpri yang baru.

Berdasarkan pantauan tadatodays.com, upacara di alun-alun Kota Probolinggo itu dipimpin langsung oleh Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin. Dalam upacara tersebut para ASN Pemkot Probolinggo dan lembaga/instansi lainnya tampak mengenakan seragam batik biru dengan motif logo Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Baca Juga : Ajak Masyarakat Sambut Gembira Peringatan Kemerdekaan RI ke-77, Pemkab Probolinggo Menggelar Pawai Budaya

Seragam batik Korpri yang baru ini sesuai dengan Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) dengan nomor 025/3293/SJ tentang pakaian seragam batik untuk korps pegawai republik Indonesia (korpri). Berbeda dengan seragam batik korpri sebelumnya, seragam batik korpri baru ini berwarna biru lebih tua.

Baca Juga : Ajak Masyarakat Sambut Gembira Peringatan Kemerdekaan RI ke-77, Pemkab Probolinggo Gelar Pawai Budaya

Adapun desain yang diberi judul “Bhumi, Nusa, Sagara” mengusung konsep yang segar, trendi, kekinian tetapi tetap berpijak pada budaya luhur bangsa. Dengan perpaduan warna emas dan biru, Bhumi, Nusa, Sagara mampu menarik hati banyak ASN untuk menjadikan desain ini warna baru yang mampu mempresentasikan Korpri yang lebih baik.

Salah satu pembatik Kota Probolinggo Nico Sawiji berpendapat, dari warna dan desain, batik baru  Korpri terlihat lebih fresh. Tidak hanya desainnya yang bagus, namun maknanya juga sangat dalam. "Bhumi, Nusa, Sagara semua adalah sumber penghidupan. Betul itu, bisa memberi kesegaran dan tetap mengangkat kebudayaan. Juga bisa mengayomi bagi para pengabdi negara yg memakainya," kata Nico.

Salah satu ASN guru MTs Negeri Kota Probolinggo Yenni yang mengikuti upacara tersebut, juga menyebut seragam batik baru Korpri ini warnanya lebih fresh. "Pakai Korpri terbaru memang beda vibesnya. Suka aja, lebih fresh," katanya.

Sementara itu, Walikota Hadi Zainal Abidin dalam sambutan di upacara tersebut mengajak seluruh pegawai Kota Probolinggo untuk merayakan hari kemerdekaan dengan rasa syukur. Dia juga mengajak para pegawai untuk mengingat jasa para pahlawan dalam mewujudkan visi bangsa Indonesia.

"Mari kita resapi peringatan kemerdekaan ini dengan rasa syukur. Kemerdekaan yang diperjuangkan oleh segenap bangsa Indonesia harus dijadikan visi untuk menuju Indonesia yang maju dan berjaya," kata Walikota. (mel/why)