Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-10 22:28:44

Usai Evakuasi Korban, Kendaraan Ini Terjebak Terjangan Lahar Dingin Semeru

Kendaraan Satgas Bencana milik kampus UNS Solo, akhirnya berhasil dievakuasi setelah terjebak terjangan lahar dingin Gunung Semeru. Sebelumnya, kendaraan itu mengevakuasi warga di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

LUMAJANG, TADATATODAYS.COM - Mobil Satuan Tugas (Satgas) Bencana milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang tengah membantu penanganan pasca erupsi Gunung Semeru, terjebak terjangan lahar dingin Gunung Semeru di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Beruntung, mobil tersebut erhasil dievakuasi pada Jumat (10/12/2021), sekitar pukul 14.00 Wib.

Komandan Rescue pada Indonesia Off Road Federation (IOF) Aku Selalu Untukmu (Asu Kabeh), Mugiso, mengatakan, untuk mengevakuasi mobil Toyota Hilux hitam tersebut membutuhkan waktu selama 3 hari, sejak mobil tersebut dilaporkan diterjang lahar dingin.

Proses evakuasi yang berlangsung itu, disebabkan oleh panasnya lahar yang menimbun kendaraan tersebut. Kemudian terkendala cuaca yang sering mendung dan hujan. Sehingga proses evakuasi beberapa kali diberhentikan. "Beruntung hari ini cerah," katanya.

Selain itu, proses evakuasi juga membutuhkan banyak peralatan. Hingga akhirnya, bisa dievakuasi oleh beberapa eskavator yang sedang beroperasi.

Mugiso menambahkan jika mobil tersebut bakal dikirim ke Solo. Namun karena kondisi mobil sudah rusak dan tak bisa dioperasikan, pihaknya masih menunggu towing. "Kalau towing datang, langsung diantar," ucapnya, usai mengevakuasi mobil tersebut.

Sekadar informasi, mobil tersebut diterjang lahar dingin sesaat setelah mengvakuasi warga Dusun Kamar Kajang, Kamis kemarin. Namun ketika hendak kembali, tiba-tiba lahar dingin datang. Kendaraan tersebut tidak bisa melaju, karena bagian ban terganjal batu besar. Alhasil, mobil tersebut terjebak dan tenggelam lahar dingin. (zr/don)