Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-27 13:30:47

Vaksinasi di Kabupaten Probolinggo Dimajukan 29 Januari, 5 RS Belum Siap

ANGKUT: Petugas salah satu puskesmas di Kabupaten Probolinggo bersama aparat kepolisian, mengangkut vaksin Sinovac dari gudang Farmasi milik Dinkes setempat.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Jadwal vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Probolinggo yang semula dijadwalkan serentak pada Senin (01/02/2021), kini dimajukan pada Jum'at (29/01/2021). Majunya jadwal vaksinasi ini disebabkan karena jadwal pengambilan vaksin untuk masing-masing puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kabupaten Probolinggo akan selesai pada Rabu (27/01/2021) hari ini.

Majunya jadwal vaksinasi serentak itu dibenarkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica, Rabu (27/01/2021). Ia mengatakan, hingga Rabu pukul 11.00 WIB, dari 39 fasilitas kesehatan (Faskes) yang mendapat jatah vaksinasi sudah ada 33 faskes yang mengambil vaksin Sinovac di gudang Farmasi milik Dinkes Kabupaten Probolinggo, Jalan Anggrek, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Baca Juga : Polisi Periksa Empat Orang Kasus Jemput Paksa Jenazah Covid

"39 faskes terdiri dari 33 puskesmas dan 6 rumah sakit," terangnya pada tadatodays.com.

Baca Juga : Puluhan Warga Ambil Paksa Jenazah Covid, Polisi Dikeroyok

Pada vaksinasi hari Jum'at nantinya, tidak semua faskes bisa melakukan vaksinasi mandiri. Pasalnya, ada lima Rumah Sakit (RS) yang tidak bisa melakukan vaksinasi mandiri pada nakesnya dikarenakan kelima RS itu masih belum mendapatkan pelatihan vaksinasi.

Solusinya, para nakes di 5 RS itu akan mengikuti vaksinasi di RSUD Waluyo Jati Kraksaan atau puskesmas terdekat sesuai dengan daftar nama yang telah ditentukan.

Adapun kelima RS itu, di antaranya RSUD Tongas, RS Wonolangan Dringu, RS Graha Sehat Kraksaan, RS Rizani Paiton, dan RSIA Siti Fatimah Kraksaan. "Diharapkan di penyuntikan tahap dua sudah bisa melakukan vaksinasi mandiri," paparnya.

Diketahui, pendistribusian vaksin Sinovac di Kabupaten Probolinggo dilakukan dengan cara setiap faskes menjemput langsung ke gudang Farmasi Dinkes. Penjemputan dengan menggunakan ambulans milik faskes setempat itu dikawal oleh Polsek jajaran Polres Probolinggo. (zr/don)