Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-11 17:44:52

Vaksinasi Dosis Pertama Terealisasi 99,4 Persen

PROGRES: Vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Probolinggo tahap pertama telah berjalan 94 persen. Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan jika nakes yang belum divaksin telah dinyatakan sehat dan siap divaksin.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dosis pertama vaksinasi untuk para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Probolinggo sudah berjalan. Per tanggal 10 Februari 2021, sebanyak 2.941 nakes telah divaksin dari sasaran 2.960 nakes. Jika dipersentasekan, maka vaksinasi telah berjalan 99,4 persen.

Sementara sebagian nakes yang belum divaksin tersebut, disebabkan karena saat hendak divaksin mengalami keluhan penyakit ringan yang dalam beberapa hari bisa sembuh. Atau, seseorang yang masih dalam daftar tracing karena ada keluarga atau teman dekatnya terpapar covid-19.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Probolinggo Menggencarkan Vaksinasi Jemput Bola dari Desa ke Desa

Dewi Vironica, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengatakan, nakes yang tertunda divaksin karena sakit maka menunggu sampai yang bersangkutan sembuh. Sedangkan untuk nakes yang masih dalam masa tracing, maka menunggu selesainya tes swab melalui metode Pholymirase Chain Reaction (PCR). "Kalau positif, atau penyakitnya memburuk nanti tidak jadi diberikan," katanya, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Probolinggo Gencarkan Vaksinasi Jemput Bola dari Desa ke Desa

Sedangkan untuk penyuntikan vaksin dosis kedua bagi nakes yang sebelumnya tertunda, akan dilakukan pada 14 hari setelah ia disuntik dosis pertama.

Dewi menambahkan, ketika nantinya Pemkab Probolinggo kembali mendapat vaksin, baik vaksinasi tahap 3 dan 4, maka semua kalangan akan disuntik. Sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat divaksin. (zr/don)