Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-18 18:23:18

Vaksinasi Lansia di Kabupaten Probolinggo Alami Kendala

Ilustrasi

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengalami kendala saat pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia. Diketahui, dari target total 77.533 lansia yang menjadi sasaran vaksin, sampai saat ini yang terealisasi hanya 8.033 lansia untuk dosis pertama.

Sedangkan dosis kedua dari 8.033 lansia, masih terealisasi 1.658 orang. Hal itu disampaikan Juru Bicara satgas setempat dr. Dewi Vironica, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Menjalani Vaksinasi

Vironica menuturkan, kendala tersebut disebabkan banyaknya lansia yang tidak datang pada saat proses penyuntikan berlangsung. Padahal, mereka sudah terdata untuk menerima vaksin. Sedangkan Sebagian lainnya beralasan sakit. "Alasan lain tidak ada yang mau mengantar," tutur pejabat yang karib disapa Viro ini.

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Jalani Vaksinasi

Menurut Viro, mobilitas untuk vaksinasi terhadap lansia tersebut memang sedikit sulit dilakukan dibanding dengan sasaran vaksinasi pada masyarakat lainnya. “Sehingga masih jauh dari target,” katanya.

Target tersebut sudah sesuai dengan data pada Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, terhadap sasaran vaksinasi untuk lansia. Namun data tersebut masih tetap akan dilakukan evaluasi, dengan terus berkomunikasi dengan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil setempat. "Itu data lansia yang ada di posyandu-posyandu," ujarnya.

Tak hanya vaksin terhadap lansia, vaksinasi untuk dosis kedua di tahap 3 ini juga mengalami kendala dengan minimnya jumlah vaksin. Sementara untuk pengiriman vaksi dari Pemprov Jatim velum ditentukan, termasuk kapan dan jenis vaksin apa yang akan dikirim ke Kabupaten Probolinggo. (zr/don)