Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-27 12:36:35

Verifikasi Keanggotaan Parpol di KPU Banyuwangi Temukan Data Ganda

VERIFIKASI: Komisioner KPU Banyuwangi Ari Mustofa menyatakan, dalam proses verifikasi keanggotaan partai politik, ditemukan data ganda.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - KPU Banyuwangi melakukan proses verifikasi administrasi keanggotaan kepada 24 partai politik (parpol) yang sudah mendaftar. Sebanyak 38 ribu keanggotaan dari 24 parpol terverifikasi. Namun, KPU masih menemukan ada data ganda.

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Teknis Penyelenggara Ari Mustofa mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses administrasi verifikasi. Semua data yang masuk sudah terverifikasi. “Nanti tinggal teman - teman parpol melakukan langkah tindak lanjut," ujarnya, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga : Soal Pembayaran Utang Proyek Wastafel, Pemkab Jember Akan Verlap

Selain itu, Ari menambahkan kalau proses verifikasi yang dilakukan saat ini ada yang memenuhi syarat, belum memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat. Ini karena ada beberapa temuan terkait kenggotaan ganda dari parpol yang mendaftar. Sehingga mempengaruhi keabsahan dalam proses verifikasi. “Ada beberapa data ganda atau data identik yang kita temukan, seperti nama, NIK, bahkan pekerjaan," jelasnya.

Baca Juga : Terbuka Potensi Banyuwangi Tambah Dapil di Pemilu 2024

Terkait temuan keanggotaan ganda, parpol diharap segera melakukan perbaikan. Selain itu, KPU akan tetap memantau dan ada tahap klarifikasi bagi parpol pada 27 hingga 28 Agustus 2022.

Sebagai informasi, tahap verifikasi administrasi ini akan berlangsung sampai 11 September. Hasil verifikasi akan diumumkan pada 14 September 2022. (rl/why)