Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-08 18:32:32

Vertical Garden, Cara Pemkab Banyuwangi Cegah Warga Buang Sampah di Sungai

TAMAN: Taman vertikal tidak hanya mempercantikan jalanan di Banyuwangi. Vertical garden itu juga salah satu upaya pemerintah dalam mencegah warga untuk tidak membuang sampah di sungai.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Keberadaan sungai tak jarang disalahgunakan menjadi tempat membuang sampah. Tak ayal, pemerintah pun berupaya agar warga tidak membuang sampah di sungai. Salah satunya dengan membuat taman vertikal atau paranet vertical garden di bantaran sungai atau di kanan kiri jembatan. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Banyuwangi.

Dengan membuat taman vertikal, DPU membuat kerangka di bantaran sungai atau di kanan kiri jembatan yang terbuat dari besi. Di kerangka itu terdapat beberapa tempat pot bunga untuk mempercantik kerangka tersebut.

Baca Juga : Pemkab Banyuwangi Tidak Adakan Open House, Ini Alasannya

Salah satu bantaran sungai yang dipasang taman vertikal yakni di utara terminal angkot Sasak Perot, Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah.

Baca Juga : Laksanakan Perintah SE Jam Operasional Tempat Hiburan, Satpol PP Lakukan Sidak

Sekretaris Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Riza Al Fahroby memgatakan kalau pihaknya berusaha mengantisipasi pembuangan sampah di sungai. Menurutnya, paranet vertical garden itu dipasang di bantaran sungai yang rawan dijadikan tempat pembuangan sampah. “Baik oleh warga sekitar ataupun para pengendara motor yang melintasi kawasan ini," ujarnya, saat ditemui di taman vertikal di utara terminal angkot Sasak Perot.

Riza menerangkan, selain upaya mencegah orang membuang sampah, inovasi tersebut sekaligus mempercantik jembatan atau perlintasan jalan dengan sungai. Bahkan, taman vertikal tersebut juga menjadi pengaman batas antara badan jalan dan sungai.

Paranet vertical garden sudah diinisiasi sejak tahun lalu dan sudah terpasang di beberapa titik terutama di kawasan perkotaan Banyuwangi. Mulai dari jembatan di sekitar ATR/BPN, Jembatan Sobo, Jembatan Bagong, Jembatan Jalan Kepiting, dan juga di beberapa wilayah kecamatan di Banyuwangi.

Namun dalam beberapa bulan terakhir pemasangan vertical garden timbul permasalahan, yakni hilangnya pot bunga dan kerangka besi taman vertikal tersebut. "Ini sungguh disayangkan," tuturnya.

Untuk itu, Dinas PU Pengairan Banyuwangi berharap kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam menjaga dan merawat aset tersebut. (rl/don)