Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-28 18:05:00

Volume Kendaraan di Ruas Jalan Kabupaten Probolinggo Naik 50 Persen

MERAYAP: Kepadatan kendaraan di Jalan Raya Panglima Sudirman Kota Kraksaan, sudah mulai terlihat. Menurut Polres Probolinggo, volume kendaraan naik sekitar 50 persen.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kepadatan kendaraan  arus mudik sudah terlihat di ruas Jalan Raya Probolinggo-Situbondo, Kamis (28/4/2022).  Dimana dari pantauan tadatodays.com peningkatan volume kendaraan yang melintas sekitar 50 persen.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi membenarkan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Amankan Mudik Lebaran, Polres Probolinggo Terjunkan 254 Personel

Menurutnya, ada kenaikan sekitar 50 persen jumlah kendaraan yang melintas. Itu dibuktikan dari banyaknya mobil pribadi luar kota yang sudah mulai memadati jalur pantura, seperti kendaraan pelat DK dan B. "Kalau biasanya kan banyak dilalui oleh truk besar," terangnya, Kamis (28/4/2022)

Baca Juga : Jalan Raya Kraksaan Dijadikan “Sirkuit” Balap Liar

Beruntung, Polres Probolinggo memajukan jadwal pendirian Pos Pelayanan (Posyan) dan Pos Pengamanan (Pospam) pada 22 April 2022, dari rencana semula pada 28 April 2022. Pos tersebut akan berdiri sampai 9 Mei 2022 mendatang.

Arsya mengatakan bahwa Pospam dan Posyan tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk istirahat saat kelelahan akibat perjalanan jauh dapat beristirahat. Juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mencarikan montir apabila ada kendaraan pemudik yang mengalami kerusakan. "Tentunya bisa meminimalisir kecelakaan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berencana akan menambah pos darurat yang dapat melayani dan mengamankan jalannya mudik tahun ini. Direncanakan pos tersebut akan didirikan di pantai Bentar yang posisinya sangat strategis untuk tempat istirahat.

Untuk itu, kata Arsya, Polres Probolinggo sudah berkoordinasi dengan Pemkab Probolinggo agar dapat berpartisipasi dalam penyediaan pos tersebut. (zr/don)