Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-06 20:49:22

Wabup Muqit Arief Antar Faida-Vian Daftar ke KPU Jember

SAPA PENDUKUNG: Faida-Vian mengendarai jip merah menuju kantor KPU Jember. Mereka melakukan konvoi sembari menyapa warga Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Jember jalur perseorangan Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian), akhirnya mendaftar sebagai peserta Pilkada Jember di hari terakhir pendaftaran, Minggu (6/9/2020).

Sebelum tiba di kantor KPU Jember, Faida-Vian dan ribuan massa pendukungnya menggelar konvoi menggunakan mobil jip bak terbuka warna merah dan motor. Mereka berkeliling di wilayah kota Jember.

Baca Juga : Unik, Lima Tuhan akan Kembali Berikan Hak Pilih di Pilkada Jember

Mereka berangkat dari kediaman Faida di Puspa Asri Kecamatan Sumbersari yang berada di Jl. Letjen Panjaitan. Baru sekitar pukul 13.00 WIB, massa mulai menuju kantor KPU di Jl. Kalimantan.

Baca Juga : KPU Jember Mulai Distrisbusikan APK dan Bahan Kampanye ke Paslon

Sepanjang perjalanan, massa pendukung yang tercatat dari berbagai LSM di antaranya Banteng Soduk, Relawan Dhuafa, Relawan Peduli Jember, LSM Gagak Hitam, Semut Ireng, dan Pesilat Jember, turut mendampingi.

Selain membawa bendera LSM masing-masing, mereka meneriakkan juga yel-yel “Faida 2 Periode” sembari membunyikan musik melalui pengeras suara. Sebagian massa menggunakan masker, lainnya memaiaki face field.

Faida-Vian tiba di kantor KPU tepat pukul 14.23 WIB. Tampak sejumlah pendamping mengawal keduanya. Seperti Wabup Jember Abdul Muqit Arief, suami Faida yakni Abdul Rochim, serta sejumlah tokoh lainnya.

Pemeriksaan berkas pencalonan Faida-Vian berlangsung cepat. Setelah dilakukan pemeriksaan administrasi sekitar 1,5 jam, berkas syarat calon dan pencalonan Faida-Vian dinyatakan lengkap dan diterima KPU Jember.

Dengan diterimanya berkas tersebut, maka dapat dipastikan Pilkada Jember tahun 2020 akan diikuti 3 kandidat. Selain Faida-Vian ada Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya dan Hensy Siswanto-Gus Firjaun.

Faida mengatakan, pihaknya sengaja memilih hari terahir pendaftaran karena bertepatan dengan hari libur kerja. Selama ini Faida mengaku sibuk pada tugas-tugasnya sebagai ketua gugus tugas penanggulangan covid-19.

Kandidat petahana itu juga membantah jika kehadiran Kiyai Muqit sebagai tim sukses. Kehadiran Kiyai Muqiet, kata Faida, hanya sebatas bentuk dukungan moril sebagai keluarga. Keberadaan Vian sebagai wakilnya juga atas musyawarah dengan Muqiet.

“Kami ini (Faida-muqiet) memiliki komitmen yang sama. Termasuk dalam memilih wakil saya (Vian, Red) untuk melanjutkan cita-cita. Karena itulah, Kiyai Muqiet dan Bu Nyai hadir di sini memberi dukungan moril kepada kami berdua,” paparnya.

Terpisah, ketua KPU Jember Mohammad Syai'in mengatakan, pemeriksaan berkas Faida-Vian lebih cepat lantaran hanya memeriksa BA7 atau berkas hasil verifikasi faktual yang telah dilakukan sebelumnya. (as/sp)