Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-01 17:42:14

Wabup Timbul Sebut Banjir Dringu Akibat Alih Fungsi Lahan

TINJAU: Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko (pakai hasduk), saat meninjau lokasi banjir di Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan Forkopimda setempat, mengunjungi lokasi banjir dan menemui warga terdampak di Desa Kedungdalem dan Desa/Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Senin (1/3/2021). Dari kunjungannya itu, Timbul menyebut bahwa banjir di Dringu bukan hanya tanggung jawab Pemkab Probolinggo.

Timbul menjelaskan, pemkab akan menganalisa dan mengkaji penyebab pasti terjadinya banjir di Dringu. Sebab, menurut Timbul, banjir di Kecamatan Dringu yang terjadi setiap tahun hanyalah dampak. Karena itu, Pemkab Probolinggo akan melakuan evaluasi dan kajian.  "Tanggungjawab ini menjadi urusan pemkab, provinsi dan nasional," ujarnya saat meninjau lokasi banjir.

Baca Juga : Pemprov Jatim Fokus Bangun Bronjong di Jembatan Kedungdalem

Tapi berdasarkan pengamatannya, Timbul mengatakan bahwa banjir ini terjadi karena adanya pengalihan fungsi lahan di wilayah pengunungan.

Baca Juga : Komunitas Bikers Fasilitasi Servis Gratis bagi Warga Terdampak Banjir Dringu

Selanjutnya, Wabup Timbul memerintahkan Kepala BPBD setempat untuk membuat bronjong untuk meminimalisir terjadinya banjir susulan.

Diketahui, selama dua hari berturut-turut pada Sabtu dan Minggu kemarin, Desa Kedungdalem dan Dringu di Kecamatan Dring diterjang banjir. Akibatnya, rumah warga di dua desa tersebut tergenang dan melumpuhkan aktivitas warga setempt. (ang/don)