Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-05 21:11:51

Wali Kota Probolinggo Beri Hadiah Delapan Bayi yang Lahir 4 September

BAHAGIA: Para orang tua bayi terlihat bahagia saat Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengunjunginya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Delapan bayi yang lahir bertepatan dengan hari jadi Kota Probolinggo tanggal 4 September mendapat hadiah dari Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin. Bahkan  mereka dikunjungi langsung dan mendapatkan akta kelahiran, kartu keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Wali Kota Probolinggo juga memberikan hadiah berupa perlengkapan bayi. Mulai selimut hingga perlengkapan lainnya. Kunjungan itu, mendapat apresiasi dari delapan orang tua bayi.

Baca Juga : Hendak Cari Kayu, Pemuda Krucil Malah Temukan Bayi

Salah satunya Winda Purwanti warga Jrebeng Lor RT 01 RW 07 yang mengaku terkejut atas kunjungan Wali Kota Probolinggo ini. Ditemani orang tuanya dan bidan setempat, Winda mengaku bersyukur atas kedatangan orang nomer satu di Kota Probolinggo itu.

Baca Juga : Sudiman, Kadis Pertahankan Kota Probolinggo Dikenal sebagai Pribadi yang Hangat

 “Alhamdulillah, mudah-mudahan ini berkah buat anak saya yang lahir pas hari Jadi Kota yang jatuh 4 September,” ucapnya bahagia.

Kedatangan Walikota Probolinggo tidak diprediksi oleh Winda sebelumnya. Sebab, dirinya tidak tahu kalau kelahiran putranya bernama Ahmad Azam Rizki Farzan ternyata bertepatan dengan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-661. “Ini kejutan buat kami, semoga kelak menjadi anak yang soleh dan membanggakan orang tua,” terangnya.

Sementara Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan selamat atas kelahiran putra-putri warganya yang bertepatan dengan Hari Jadi Kota Probolinggo yang saat ini berusia 661. “Syukur Alhamdulillah, kami ke sini sekaligus ingin memberikan doa dan hadiah buat putra ampiyan semuanya. Mudah-mudahan jadi anak saleh, dan mengharumkan nama Kota Probolinggo kelak,” ucapnya.

Habib Hadi menambahkan, kedatangan dirinya khusus memberikan surprise dan penghargaan bagi mereka yang lahir istimewa di hari jadi kota. “Mereka dapat akta kelahiran, KK, dan KIA gratis serta perlengkapan bayi,” ungkapnya.

Dispendukcapil Terus Kembangkan Program AKIK Cemerlang

Dispendukcapil Kota Probolinggo tetap memberikan layanan prima meski masih Pandemi Covid-19. Salah satunya melalui layanan “Three In One” atau yang lebih dikenal inovasi program Akik Cemerlang (Program Pengurusan dan Penerbitan Akta Kelahiran, KK dan KIA sekali urus gratis).

“Hari ini, delapan bayi yang lahir tepat 4 September, melalui Bapak Wali Kota kita memberikan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara gratis,” tegasnya.

Program itu, sebetulnya telah berjalan seperti biasa. Melalui program Akik Cemerlang, masyarakat yang lain bisa mengurusnya secara gratis.  “Hanya saja, hari ini diberikan langsung oleh Bapak Wali Kota Probolinggo dan tepat dengan momen istimewa Hari Jadi Kota Probolinggo,” ucapnya.

Sekretaris Dispendukcapil, Setiorini Sayekti menambahkan selain mengembangkan layanan offline di Mall Pelayanan Publik, Dispendukcapil juga mengembangkan sistem berbasis online.

Di tengah pandemi, Dispendukcapil mempermudah kepengurusan akta kelahiran, KK dan KIA melalui Whatsapp dan aplikasi berbasis web. “Kalau aplikasi berbasis web masih terus kita kembangkan,” terangnya.

Selain itu, program AKIK Cemerlang telah menggandeng Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Probolinggo melalui sistem scan KK, buku nikah dan surat keterangan lahir si bayi. Data dari bidan tersebut kemudian diolah melalui system yang dibangun Dispendukcapil, kemudian terbitlah Akte Kelahiran, KK dan KIA.

"Kami juga menghimbau masyarakat agar selalu melakukan update dokumen kependudukannya. Ketika ada yan melahirkan, pindah, meninggal dunia atau lainnya. Karena dokumen yang ter-update akan memudahkan akses pada layanan publik lainnya," jelasnya. (mm/hvn)