Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-14 13:51:51

Warga Keluhkan Polusi Serbuk Kayu Salah Satu Pabrik di Kota Probolinggo

LINGKUNGAN: Aktivitas pabrik kayu di Jalan Prof Hamka Kota Probolinggo dikeluhkan warga sekitar, karena serbuk kayu beterbangan dan mengotori permukiman warga.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga di kawasan pabrik kayu CV. Graha Papan Lestari, Jl. Prof Hamka, Kelurahan Kareng, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo  mengeluhkan serbuk kayu pabrik tersebut yang beterbangan di permukiman warga. Tak ayal, polusi udara pun terjadi dan serbuk kayu mengotori rumah warga.

Oleh karena itu, tokoh masyarakat setempat yaitu KH. Aziz mengundang pemilik pabrik kayu, Ilyas Aditiawan dan perwakilan masyarakat untuk menyelesaikan masalah lingkungan itu di Pondok Pesantren Assanusiyah milik KH Azis, Rabu (14/7/2021) sekira pukul 10.00 WIB. Dari pertemuan itu, pemilik pabrik akan bertanggungjawab.

Baca Juga : Pabrik Kayu Terbakar Hebat, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah

Warga setempat, Rudi mengatakan bahwa pertemuan digelar karena serbuk kayu hasil olahan pabrik tersebut  jatuh di halaman rumah warga.

Baca Juga : Masih Banyak yang Buang Sampah di Sungai, DLH: Tidak Bertanggungjawab

Kini, pihaknya telah lega karena manajemen  pabrik sudah bertanggungjawab. "Selesai sudah, pabrik akan bertanggung jawab," tuturnya.

Sementara itu, pemilik pabrik Ilyas Aditiawan membenarkan bahwa pihaknya telah menyepakati kehendak warga untuk meminimalisir serbuk kayu. Menurutnya, pertemuan tersebut bentuk komunikasi perusahaan dengan masyarakat. "Kita analisa dari sisi perusahaan memang tidak ada unsur kesengajaan atau kelalaian," katanya.

Pria yang juga anggota DPRD Kota Probolinggo ini menyebutkan, penyebab terbangnya serbuk kayu lantaran angin kencang. Meminimalisir itu, pihaknya akan melakukan penyiraman di tempat penampungan serbuk kayu, lalu dimasukkan karung. "Warga berharap supaya tidak terjadi hal demikian," katanya saat ditemui bersama 2 karyawannya. (ang/don)