Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-07 18:22:20

Warga Minta Hitung Ulang Hasil Pilkades Pajurangan

PILKADES: Komisi I DPRD Probolinggo telah mendengar aspirasi dari warga Desa Pajurangan, Kecamatan Gending terkait dugaan kejanggalan hasil penghitungan suara Pilkades Pajurangan. Dewan meminta Pemkab Probolinggo untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, mengikuti audiensi di kantor DPRD setempat pada Senin (7/3/2022). Audiensi itu untuk membahas terkait dugaan kejanggalan Pilkades Desa Pajurangan, dan meminta agar dilakukan penghitungan ulang.

Audiensi itu dihadiri Ketua Komisi I Sumarmi Rasyid, dan dipimpin oleh anggota Komisi I Didik Humaidi. Hadir pula dari OPD terkait Pemkab Probolingo.

Baca Juga : Hampir Setahun Kosong, Akhirnya Gelar Pemilihan Kades Tegalharjo

Kuasa Khusus warga Mustofa mengatakan, pihaknya menemukan kejanggalan saat proses penghitungan suara di 7 TPS pada 17 Februari 2022. Seperti ada surat suara yang hilang tanpa dilengkapi dengan berita acara surat kehilangan.

Baca Juga : Pilkades Serentak Rampung, Tapi 4 Desa di Probolinggo Masih Dijabat Pj

Lalu, ada beberapa nama ganda dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT). Kemudian, ada satu nama pemilih yang masih di bawah umur namun masuk dalam DPT. Serta, di TPS 6 ada salah satu warga yang namanya masuk dalam DPT tetapi tidak diperkenankan untuk mencoblos. Bahkan, nama warga tersebut dihapus sepihak oleh panitia tanpa adanya koordinasi. "Ini sudah memenuhi syarat untuk dilakukan penghitungan ulang," katanya.

Ia berharap kepada pemerintah agar menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan cara menggelar penghitungan ulang, demi memberikan rasa keadilan bagi semua calon. "Bukan lagi tentang siapa yang menang," katanya.

Sementara itu, Kasubag Bantuan Hukum pada Setda Kabupaten Probolinggo, Adhy Catur Indra menyatakan bahwa pihaknya tetap menampung aspirasi masyarakat.

Dengan itu, ia akan melaporkan hasil audiensi itu kepada ketua panitia Pilkades Kabupaten. Termasuk juga akan mengecek kembali dokumen administrasi dari panlih tingkat desa, untuk dijadikan bahan pertimbangan dan pembelajaran. "Nanti seperti apa, menunggu kebijakan dari ketua panitia," ucapnya.

Pasca audiensi itu, anggota Komisi I Didik Humaidi meminta Pemkab Probolinggo untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut. “Kalau bisa jangan sampai satu minggu,” ujarnya.

Sekadar informasi, Pilkades Pajurangan diikuti 3 calon. Calon dengan nomor urut 1 atas nama Nanik Sri Wahyuningsih, dengan perolehan 1.247 suara. Calon nomor urut 2 atas nama Chandar Dewi, dengan 19 suara, dan calon nomor urut 3 atas nama Agus Sunaryo dengan 1.249 suara. (zr/don)