Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-31 18:19:38

Warga Temukan Motor Curian dan Sarung Berisi Ayam

CURIAN: Seorang kerabat Hartini menunjukkan motor yang berhasil ditemukan. Sementara, Muslihati mengangkat sarung berisi ayam yang ditemukan di lahan dekat rumahnya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Upaya pencarian motor curian tidak harus menunggu tindakan dari kepolisian. Warga pun juga bisa melakukannya, asal segera dilakukan pencarian sesaat setelah kasus terjadi.

Seperti yang dialami oleh Hartini, 43, warga RT 2 RW 6 Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Sepeda motor Mio 125 nopol N 4145 ST miliknya yang dicuri pada Jumat (31/12/2021) sekira pukul 02.00 WIB. Namun pada Jumat siang, motor itu berhasil ditemukan setelah sejumlah warga melakukan pencarian.

Baca Juga : Dua Motor di Kraksaan Dimaling Sekaligus

Ceritanya, pada Kamis malam (30/12), Hartini dan keluarganya tengah tidur di dalam rumahnya. Sementara suaminya, Samsul Effendi, sedang bekerja di luar kota.

Baca Juga : Kasus Pencurian Sepeda Pancal juga Marak di Kota Probolinggo

Saat Hartini tidur, beberapa warga tengah jagongan di teras rumahnya. Sementara di halaman rumahnya terparkir 3 unit motor, salah satunya motor Mio tersebut.

Kemudian, Pada Jumat (31/12) sebelum pukul 2 dini hari, warga yang nongkrong di teras rumahnya pulang. Sementara 3 unit motor masih terparkir di halaman rumah yang dikelilingi pagar. Hanya saja, saat itu pintu pagar tidak dikunci.

Nah, sekira pukul 04.30 WIB, Hartini bangun untuk salat subuh. Saat itulah, ia mengetahui motor Mio tersebut sudah hilang. Ia memperkirakan motornya dicuri setelah warga pulang dari rumahnya. "Nah, pas lihat motor hilang saya sedih," katanya.

Mengetahui rumahnya disatroni maling, ia pun langsung mengecek sejumlah aki yang berada di teras rumahnya. Diketahui, Hartini juga melayani jasa pengisian air aki. “4 aki juga hilang,” ujarnya.

Kepada tadatodays.com, Hartini mengaku bahwa saat itu ia langsung menangis. Tak ingin larut dengan kesedihan, ia mencoba menghubungi keluarganya yang berada di Kecamatan Kedopok dan Desa/Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, untuk mengabarkan pencurian tersebut.

Seketika, sejumlah warga bergegas melakukan pencarian di sekitar rumah Hartini.

Sekira pukul 11.00 WIB, warga yang rumahnya sekitar 1 kilometer dari TKP, mengabarkan kepada seorang keluarga Hartini bahwa menemukan motor yang ditutupi semak belukar. Ya, motor yang ditemukan itu ternyata motor Mio milik Hartini.

Pasca ditemukan, Hartini mengaku bersyukur. Pasalnya, motor tersebut penuh kenangan bersama suaminya saat mulai membangun usaha.

Smentara, selain menemukan motor milik Hartini, warga lainnya di RT 1 RW 7 Kelurahan Jrebeng Lor, menemukan sarung mencurigakan di sebuah lahan. Setelah diangkat, sarung itu ternyata berisi seekor ayam.

Sarung itu ditemukan Muslihati, 52, warga setempat. Ia menduga, ayam tersebut merupakan ayam curian. (ang/don)