Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-18 19:15:08

Warung Mbak Sup, Sajikan Rujak Uleg Lezat nan Menggugah Selera

RAGAM ISIAN: Selain sayuran, rujak buatannya juga dikombinasi dengan buah-buahan. Hal itu menambah cita rasa bumbu rujaknya yang memang mantap.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Beragam kuliner unik dan melegenda cukup banyak di Kota Kraksaan. Salah satunya Rujak Uleg Mbak Supiani. Kuliner yang merakyat ini sudah ada dan dijual sejak delapan tahun lalu. Tepatnya 2014 silam. Kuliner unik yang satu ini memang menjadi menu andalan.

Warung sederhana yang didirikan wanita yang akrab disapa Mbak Sup ini berada di Jalan Mayjend Sutoyo, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Bumbu adonan racikan kacang goreng dan petis, diuleg khusus oleh Mbak Sup sehingga memiliki rasa gurih dan bertekstur kental. “Bumbunya harus kental, tidak boleh berubah,” katanya.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Meraih WTP Kali Kesembilan Berturut-turut

Awal mula menjalani bisnis kulinernya, warung Mbak Sup masih berukuran kecil dan belum banyak pelanggannya. Namun, seiring berjalannya waktu, pelanggannya semakin banyak. Rasa rujak ulegnya yang membuat kuliner tersebut semakin diminati. Kini, warungnya juga tak lagi kecil seperti awal membangun bisnis kulinernya dulu.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Raih WTP Kali Kesembilan Berturut-turut

RAGAM ISIAN: Selain sayuran, rujak buatannya juga dikombinasi dengan buah-buahan. Hal itu menambah cita rasa bumbu rujaknya yang memang mantap.

“Alhamdulillah. Saya tidak pernah pindah-pindah tempat. Di tempat sini saja di halaman rumah sendiri. Saya kelola sendiri, baru generasi pertama. Chefnya saya sendiri,” katanya. Mbak Sup juga membagi resep kulinernya tersebut pada sang adik. Sewaktu-waktu ia ada kepentingan, warungnya tetap buka.

Rujak racikan Mbak Sup rasanya sedap dengan bumbu kacang petis dan pisang biji yang kental. Toping rujaknya dilengkapi dengan komposisi aneka sayur mayur seperti kangkung, mentimun, dan toge. Kemudian, ada juga tahu dan tempe goreng. Ada pula irisan buah manga yang membuat rujaknya terasa segar.

Rujak ini semakin lezat dikala disajikan dengan lontong atau nasi. Dengan Rp 7 ribu per porsi, membuat harga rujaknya terjangkau. Dengan harga tersebut, omset per hari mencapai Rp 600 ribu Ketika pembeli ramai. Ada resep khusus yang membuat pelanggannya banyak menurut Mbak Sup, selain rasa. “Ramah melayani pelanggan,” katanya sembari tersenyum.

Sheilla Ayu Aqillah, 17, salah satu pelanggan Warung Rujak Mbk Sup mengatakan, ia dan teman-temannya sering membeli rujak uleg atau rujak erok-erok di warung Mbak Sup. “Saya suka menu erok-eroknya. Bumbu petis, timun, dan mangga saja degan rasa yang pedas, saya suka,” kata warga Desa Kandang Jati Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. (*/hla/sp)