Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-01 21:17:38

Waspadai Ancaman DBD, Dinkes Kabupaten Probolinggo Fogging 40 Titik

PENCEGAHAN: Petugas Dinkes Kabupaten Probolinggo melakukan fogging di salah satu lokasi yang ditentukan. Selain fogging, Dinkes mengimbau masyarakat melakukan 3M plus sebagai bentuk antisipasi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi ancaman di Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, tahun 2021 lalu tercatat ada 166 kasus dengan satu di antaranya meninggal dunia. Karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat tetap melakukan fogging selain upaya pencegahan.

Fogging dilakukan Dinkes di 40 lokasi di beberapa kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Pakuniran, Paiton, Kraksaan, Gading, Krejengan, Pajarakan, Dringu, Banyuanyar, Sumberasih, Wonomerto, dan Lumbang.

Baca Juga : Jemput Bola, Puskesmas Kraksaan Vaksinasi Booster hingga Pondok Pesantren

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica mengatakan, fogging dilakukan di lokasi tertentu. Di antaranya di wilayah yang ditemukan penderita DBD. “Jadi, tidak semua wilayah dilakukan fogging,” terangnya pada tadatodays.com, Sabtu (1/1/2021).

Baca Juga : Jemput Bola, Puskesmas Kraksaan Vaksinasi Booster hingga Ke Pondok Pesantren

Viro -sapaan akrabnya- menjelaskan, selain fogging, pihaknya tetap melakukan pencegahan lainnya untuk memberantas sarang nyamuk. Yaitu dengan 3M plus seperti menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menampung air hujan.

“Intinya 3M plus, selalu diterapkan,” kata perempuan yang juga juru bicara Satgas Covid-19 itu. Sekedar informasi, Januari tercatat ada 6 kasus, Februari 19 kasus, Maret 53 kasus dengan satu di antaranya meninggal dunia.

Lalu, April 8 kasus, Mei 11 kasus, Juni 19 kasus, sedangkan Juli dan Agustus nihil. Kemudian pada bulan September ada 2 kasus, Oktober 12 kasus, November 1 kasus, dan Desember tercatat paling banyak mencapai 35 kasus. (zr/sp)