Untung Apriliyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-16 20:48:20

Water Canon Polisi Bubarkan Massa Demo Pilkada di Banyuwangi

KOCAR-KACIR: Sejumlah massa aksi Pilkada Banyuwangi semburat setelah disemprot water canon polisi. Kegiatan itu menjadi bagian simulasi pengamanan Pilkada.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Aksi demonstrasi massa dalam Pilkada Banyuwangi dibuat kocar-kacir setelah polisi menggunakan water canon, Rabu (16/9/2020). Polisi terpaksa membubarkan massa karena dalam aksi tersebut berujung ricuh.

Pembubaran massa aksi itu diperlihatkan saat simulasi penanganan massa aksi dalam Pilkada Banyuwangi. Simulasi yang digelar di depan pendapa Sabha Swagata Blambangan diikuti personel dari Polresta Banyuwangi, Kodim 0825 Banyuwangi, Satpol PP, Dishub, Linmas, sampai Gugus Tugas. Termasuk KPU dan Bawaslu setempat.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi, Kembali Lakukan Rapid Test Massal

Simulasi pengamanan bertajuk Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) itu juga dihadiri langsung Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo. Serta sejumlah Kapolres kota/kabupaten di wilayah Jawa Timur.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi Kembali Lakukan Rapid Test Massal

Dalam simulasi yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB-10.30 WIB tersebut, dimulai dengan pengenalan para personel yang terlibat. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi pra pencoblosan, simulasi pencoblosan, sampai dengan simulasi terjadinya kerusuhan akibat ketidakpuasan hasil pemilu.

Bakal pasangan calon (bapaslon) yang berlaga dalam Pilkada Banyuwangi juga diundang. Ipuk Fiestiandini dan Sugirah hadir dalam kegiatan tersebut. Sementara Yusuf Widyatmoko hadir seorang diri tana didampingi Muhammad Riza Aziziy, wakilnya.

Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan, simulasi ini digelar sebagai bentuk kesiapan jajarannya mengamankan Pilkada. Termasuk mendisplinkan seluruh warga untuk mematuhi protokol kesehatan.

Disinggung soal peta kerawanan, Wakalpoda Jatim menyebut jika wilayah Jawa Timur khususnya Banyuwangi, kondisinya aman terkendali. “Karena itu, saya imbau kepada seluruh masyarakat Banyuwangi untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan selama tahapan Pilkada,” pintanya. (ua/sp)