Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-04 17:27:12

Wisata Pulau Merah Diterjang Angin Kencang

RUSAK: Sejumlah warung di kawasan Pantai Pulau Merah Banyuwangi, mengalami kerusakan saat area tersebut diterjang angin kencang.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM -  Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di kawasan pantai selatan Banyuwangi, membuat puluhan warung di area wisata Pulau Merah mengalami kerusakan, Rabu (3/2/2021) malam kemarin.

Warga setempat, Arbi, 45, menjelaskan, hujan deras dan angin kencang itu membuat warung di kawasan wisata Pulau Merah rusak. "Ada lebih dari 10 warung rusak, ringan hingga berat, " ujar Arbi Kamis, (4/2/2021) Pagi.

Baca Juga : Pascagempa, Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Timpa Rumah

Arbi melanjutkan, pada saat kejadian ia bersama istrinya sedang berada di rumah, sehingga ia sendiri hanya tahu kalau di area pantai terjadi angin kencang. Kemudian pada Kamis pagi, ia langsung mengecek kondisi warung yang terdampak, termasuk warung yang dikelola istrinya. "Warung istri saya atapnya ketimpa pohon," ujarnya.

Baca Juga : Angin Kencang Landa Jember, 9 Pohon Tumbang dan Menimpa Innova

Diungkapkannya, selama bertahun-tahun istrinya telah berjualan di wisata Pulau Merah. Namun, kejadian angin kencang hingga mengakibatkan warung rusak baru pertama kali terjadi. "Dulu kayaknya pernah, tapi tidak terlalu parah seperti saat ini," kata Arbi.

Sementara itu, salah satu warga lainnya, Ilham, menambahkan, hujan lebat dan angin kencang juga membuat pohon di jalan menuju Pulau Merah tumbang dan menimpa listrik milik PLN. Tak ayal, pemadaman pun terjadi sebagaian desa di Kecamatan Pesanggrahan. "Wilayah Pantai Pulau Merah hingga Pancer mati total," katanya.

Dari pantauan tadatodays.com di lokasi, terlihat puluhan petugas hingga warga setempat mulai membersihkan puing atap warung yang rusak, termasuk menyingkirkan pohon yang tumbang. (usm/don)