Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-02 05:20:30

Yuk, Simak Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik dari Kapolres Probolinggo

TIPS: Kapolres Probolinggo memberikan tips bagi warga agar rumahnya tetap aman selama ditinggal mudik lebaran. Salah satunya mentitipkan rumah kepada tetangga atau kepolisian setempat.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah memberikan kelonggaran bagi masyarakat dengan memperbolehkan mudik di momen Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Tapi jangan sampai agenda mudik itu mengakibatkan kejadian yang tak diinginkan, akibat kelalaian meninggalkan rumah.

Kelalaian meninggalkan rumah saat mudik bisa memicu terjadinya kejadian yang tak diinginkan. Seperti, kebakaran dan pencurian. Nah, berikut tips mudik aman dari Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Baca Juga : H+5 Puncak Arus Balik di Terminal Tawang Alun Jember

Pertama, sebelum meninggalkan rumah, pemudik terlebih dahulu memastikan semua peralatan di rumah dalam keadaan mati. Baik itu peralatan elektronik maupun non-elektronik. Mulai dari kompor, kran air dan kelistrikan.

Baca Juga : 203 Ribu Pemudik Balik ke Bali, Terhitung Baru 65 Persen

Kemudian, memastikan semua pintu dan jendela dikunci rapat-rapat. Selanjutnya, jangan lupa menitipkan rumah kepada tetangga agar sewaktu-waktu tetangga dapat mengontrol sekeliling rumah. "Bisa titip ke kepala desa atau ke polsek terdekat," terangnya.

Jika dititipkan pada polsek setempat, maka petugas Babinkamtibmas dapat melakukan patroli untuk berjaga di sekitar rumah pemudik tersebut. Tak hanya menitipkan rumah, pemudik dapat menitipkan kendaraannya di polsek setempat.

Setelah semua tips di atas dilakukan maka, pemilik rumah dapat mudik dengan tenang.

Arsya menjelaskan jika peran pihak kepolisian, khususnya Babinkamtibmas itu sudah sangat baik. Karena selain melakukan pengamanan, Babinkamtibmas juga dapat mendeteksi adanya tindak kejahatan yang akan terjadi. "Juga dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang di wilayah binaannya," katanya.

Arsya menuturkan, pihaknya akan terus memberikan rasa amanan kapada masyarakat dengan cara melakukan patroli di lingkungan masyarakat. (zr/don)