Untung Apriliyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-06 23:57:41

Yusuf-Gus Riza Resmi Mendaftar ke KPU, Janji Akan Satu Periode Saja

BERIKAN KETERANGAN: Bacabup Yusuf Widyatmoko didampingi bacawabup Gus Riza dan petinggi parpol pengusung saat memberikan keterangn pers usai melakukan pendaftaran di kantor KPU.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Wabup Banyuwangi Yusuf Widyatmoko akhirnya mendaftar ke KPU bersama pasangannya, Mohammad Riza Azizy (Gus Riza), Minggu (6/9/2020). Keduanya didukung empat parpol parlemen dan dinyatakan memenuhi syarat.

Yusuf-Gus Riza bersama parpol pengusung dan massa pendukungnya datang ke kantor KPU sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka bertolak dari kediaman Ketua DPC PKB Joni Subagio menuju kantor KPU dengan berjalan kaki.

Baca Juga : Kurang Peminat, Bawaslu Banyuwangi Perpanjang Pendaftaran Pengawas TPS

Dalam perjalanan, massa pendukung keduanya terus menyanyikan lagu dukungan. Sejumlah petinggi parpol pengusung mulai PKB, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PKS tampak mendampingi. Termasuk dr. Taufik dan relawan yang tergabung dalam Sang Fajar Abdi Rakyat.

Baca Juga : KPU Banyuwangi Tetapkan DPT, Berkurang 4.930 Pemilih dari DPSHP

Pria yang berprofesi sebagai dokter itu ditunjuk sebagai ketua tim sukses (timses) Yusuf-Gus Riza (YURIZ). Sebelumnya, Dokter Taufik juga mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati (bacabup). Namun, ia mantap mendukung pasangan Yusuf-Gus Riza yang mendapatkan rekomendasi dari 4 parpol tersebut.

Tiba di kantor KPU, mereka harus menjalani screening protokol kesehtan yang ketat. Hanya ketua dan sekretaris parpol yang diperkenankan masuk ke dalam ruangan pendaftaran.

Berkas yang dibawa diterima langsung ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini. Setelah berkas diterima, KPU kemudian menggelar pleno untuk memutuskan menerima atau mengembalikan dokumen tersebut. Hasilnya, berkas Yusuf-Gus Riza dinyakan lengkap.

“Alhamdulillah berkas yang kami ajukan dalam pendaftaran ini diterima dan dinyatakan lengkap, untuk kemudian kami bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Yaitu tes kesehatan di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang,” kata Yusuf yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Banyuwangi tersebut.

Di singgung soal target kemenangan dalam Pilkada ini, Yusuf mengaku optimistis. “Kami bersama parpol pengusung optimis bisa memenangkan Pilkada. Kami mengusung semangat makmur bersama wong cilik. Karena kemakmuran itu harus dinikmati oleh semua kalangan, bukan hanya segelintir orang saja,” jelasnya.

Yusuf bahkan berjanji, jika ditakdirkan memenangkan Pilkada, ia hanya akan menjabat selama satu periode saja. Ia berujar tak akan menumbuhsuburkan praktik politik dinasti. “Saya tidak akan mendorong istri, adik, bahkan anak untuk jadi bupati. Biarkan yang lain agar mendapat kesempatan,” tegasnya. (ua/sp)