Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-12 16:39:15

Zero Kasus Positif Covid-19 Hanya Bertahan Tiga Hari

MENYEBAR: Kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo kembali menyebar. Per Rabu (12/1/2022), jumlah orang yang dinyatakan positif sebanyak 5 orang yang tersebar di 5 Kecamatan. Yakni, Kecamatan Lumbang, Bantaran, Gending, Kraksaan, dan Paiton.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tidak adanya atau zero kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo saat awal tahun 2022, ternyata hanya bertahan 3 hari saja. Pasalnya, setelah tanggal 3 Januari 2022, jumlah kasus terus bertambah.

Kini, per Rabu (12/1/2022), sudah ada 5 orang di Kabupaten Probolinggo yang terkonfirmasi positif covid-19 yang tersebar di 5 Kecamatan. Satu orang di antaranya adalah ibu hamil.

Baca Juga : Jika Terjangkit Omicron, Anak Bisa Terkena Diabetes

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica menyampaikan, selain ibu hamil, dua pasien positif covid-19 lainnya ditemukan karena sakit. Dimana saat dilakukan tes swab, yang bersangkutan dinyatakan positif covid-19.

Baca Juga : Warung Mbak Sup, Sajikan Rujak Uleg Lezat yang Menggugah Selera

Kemudian, dua orang lainnya diketahui usai melakukan screening tes swab untuk syarat magang kerja. Dimana, pada saat itu keduanya didapati positif Corona. Alhasil, pasien positif yang kondisinya sakit harus menjalani perawatan di RSUD Tongas. Sedangkan dua orang OTG menjalani isolasi di rumah sehat. "Untuk tertular dari mana, kami belum ketahui," terangnya.

Vironica juga belum bisa memastikan apakah di antara mereka ada varian Omicron atau tidak. Karena varian itu bisa diketahui kalau sampel pasien dikirim ke Surabaya, untuk dilakukan tes swab dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS).

Sedangkan syarat agar bisa dilakukan WGS, nilai CT Value pasien harus di bawah 25. Sedangkan semua pasien tidak ada nilai CT valuenya di bawah 25. "Sehingga kita tidak melakukan WGS," ucapnya.

Pihaknya juga sudah melakukan tracking kepada kelima orang tersebut. Yang kemudian akan dilakukan swab bagi kontak erat, keluarga, dan saudara dari pasien. Jika nanti ditemukan ada yang positif, maka pihaknya akan segera melakukan isolasi. "Kalau sakit, kita rawat di rumah sakit," ujar dokter asal Balikpapan, Kalimantan Timur ini.

Vironica berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan menjaga prokes ketat. Sehingga tidak sampai ada kasus positif covid-19 lagi di Kabupaten Probolinggo. Dengan harapan, dapat mengembalikan Kabupaten Probolinggo ke zona hijau. (zr/don)