Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-08 19:13:52

10 Februari, KAI Daop 9 Tak Berhenti di Stasiun Kecil

GAPEKA: Daop 9 Jember mengubah grafik perjalanan kereta api di tahun 2021, dimana kereta api tidak berhenti di stasiun kecil.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Mulai 10 Februari 2021 mendatang, seluruh perjalanan kereta api Daop 9 Jember tak berhenti di stasiun kecil yang berdekatan.

Radit, Pelakhar Manager Humas KAI Daop 9 Jember saat dikonfirmasi mengatakan, perubahan itu dilakukan sebagai inovasi layanan bagi calon penumpang kereta api (KA). Hal itu, juga untuk efisiensi waktu tempuh.

Baca Juga : Ditabrak Kereta Api Sri Tanjung, Pegawai Koperasi Tewas

Terakhir efisiensi yang disebut dengan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) itu dilakukan, sekitar dua tahun lalu. Yakni sekira tahun 2019. "Sesuai dengan SK Menteri Perhubungan tentang Perjalanan KA 2021," katanya, Senin (08/2/2021) sore.

Baca Juga : Pria asal Banyuwangi Tewas Gantung Diri di Pos Pantau KA Jember

Selain tak berhenti di stasiun kecil yang berdekatan, KA Daop 9 juga akan berhenti lebih lama 10 menit di setiap stasiun yang disinggahi. Dengan harapan, calon penumpang tidak terburu-buru dan waktu sampai lebih cepat 120 menit.

Radit mencontohkan, seperti halnya KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang - Cilacap. Dengan adanya Gapeka 2021 ini, maka ada efisiensi dengan ada 14 stasiun yang dilewati.

Radit menjelaskan, untuk pertimbangan stasiun yang dilewati ini, adalah stasiun yang jaraknya saling berdekatan. Sehingga, jika sebelumnya KA berhenti di stasiun yang dilewati, maka kini tidak lagi. Namun, ia tak merinci stasiun mana saja yang tidak disinggahi KA.

Sementara terkait perubahan jadwal keberangkatan kereta sesuai Gapeka 2021, dapat dilihat di aplikasi KAI Acces. "Ataupun situs KAI.id. dan channel resmi yang berkoordinasi dengan KAI," katanya. (as/don)