Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-21 19:35:47

54 Desa di Jember Dijabat Pj, Belum Jelas Kapan Pilkades Digelar

MENUNGGU: Sebanyak 54 Penjabat kades di 54 desa di Kabupaten Jember, dilantik pada Senin (21/12/2021)

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebanyak 54 Desa di Kabupaten Jember, saat ini masih dijabat oleh seorang Penjabat (Pj). Bupati Jember, Faida, hingga kini belum mengetahui kapan akan digelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jember.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Faida, saat melantik 54 Pj kepala desa di Kabupaten Jember, di aula PB Soedirman Pemkab Jember, Senin (21/12/2020). Pelantikan 54 Pj kades itu diambil, lantaran dalam beberapa waktu terakhir jabatan kepala desa di 54 desa itu kosong karena habis masa jabatan. "Jadi kita lantik untuk mengisi jabatan tersebut," ujar Faida, usai menyampaikan pidato pelantikan.

Baca Juga : 60 Desa Lebih di Probolinggo Dijabat Pj

Rencananya, Pilkades akan digelar secara serentak pada tahun 2021 mendatang. Namun, kepastian pelaksanaannya belum ditentukan. Selain karena masih dalam masa pandemi Covid-19, ketidakpastian pelaksanaan Pilkades itu juga disebabkan tentang aturan masa jabatan kepala desa.

Baca Juga : Pilkades Pertama Rencananya Digelar April

"Pilkades kapan? Belum diputuskan, kita tunggu lebih lanjut," imbuh Faida.

Lebih lanjut, Faida meminta, agar seluruh Pj kades yang dilantik untuk segera berkordinasi dengan kades yang habis masa jabatanya. Termasuk, meminta informasi terkait kondisi desa masing-masing. "Untuk petunjuk teknis silahkan minta arahan pimpinan masing-masing (Camat,Red)," pungkasnya. (as/don)