Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-16 21:49:41

73 Peserta Tes CPNS Berebut Formasi Pegawai di IAIN Jember

SENDIRI: Salah seorang peserta tes SKB untuk formasi CPNS IAIN Jember tampak serius mengikuti tahapan seleksi.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebanyak 73 peserta tes Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag), mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi pegawai di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Puluhan formasi itu baik sebagai tenaga pengajar, maupun tenaga profesional lainya. Tes SKB telah berlangsung sejak 14 Sepetember 2020 dan akan ditutup pada 24 September 2020 mendatang.

Dari pantauan tadatodays.com, pelaksanaan seleksi CPNS di hari ketiga yakni, Rabu (16/9/2020), berlangsung dengan mematuhi protokol Kesehatan. Di mana dalam satu ruangan, hanya ada 1 peserta dengan 1 pengawas.

Selain itu, peserta dan penguji tidak berada dalam satu ruangan yang sama. Ujian SKB tersebut dilaksanakan melalui telekonferensi.

Sebelum melangsungkan tes SKB, para peserta diwajibkan mengunggah sejumlah dokumen seperti daftar riwayat diri, sertifikat pendidik, dan sertifikat penunjang keahlian lainya.

Amir Firmasyah salah seorang peserta tes pada tadatodays.com mengatakan, para peserta yang menjalani tes SKB, adalah peserta tes CPNS yang telah lolos secara adminitrasi. “Termasuk lolos SKD (Seleksi Kompetensi Dasar, Red),” ujar pria asal Sidoarjo itu.

Amir yang mengincar jabatan dosen IAIN Jember itu mengaku bersyukur, bisa lolos ke tahap SKB dan berharap bisa mengabdi sebagai tenaga pengajar.

Terpisah, Plt Kasubag Organisasi, Kepegawaian, dan Penyusunan Peraturan IAIN Jember Sholikul Hadi menjelaskan, IAIN Jember selaku kampus yang ditunjuk sebagai lokasi tes SKB CPNS oleh Kemenag berupaya semaksimal mungkin menyelenggarakan proses tes sebaik mungkin.

Termasuk dengan mematuhi protokol Kesehatan. “Karena dilaksanakan di tengah pandemi, kami sudah membagi jadwal. Setiap harinya ada 15-an peserta yang ikut seleksi SKB,” terangnya.

Peserta yang mengikuti tes SKB dengan lokasi IAIN Jember, berjumlah 72 peserta. Rinciannya, 39 peserta berebut formasi pegawai IAIN Jember. Sementara sisanya memperebutkan formasi lain di kantor Kemenag.

Formasi pegawai yang dibutuhkan IAIN Jember pada tes CPNS kali ini sebanyak 32 orang. Sedangkan yang mengikuti SKB sebanyak 73 peserta. “Dari 73 peserta, 39 orang ikut tes di sini (IAIN Jember, Red). Sementara 34 lainnya tempat tesnya di lokasi lain,” pungkasnya. (as/sp)