Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-01 15:03:29

Ada Es Buah Bar-bar di Jember, Pembeli Ambil Sendiri dengan Harga Rp 5 Ribu

SEGAR: Seorang pembeli menuangkan kuah susu di cup es yang dibelinya di stan es buah bar-bar, Kabupaten Jember. Menggunakan konsep prasmanan, pembeli bisa ambil sesukanya dengan harga Rp 5 ribu saja.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Es buah merupakan salah satu pilihan takjil untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar, membuatnya sering diburu jelang berbuka puasa. Jika membeli es buah kemudian dilayani oleh penjual, mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana kalau pembeli bisa ambil sendiri dengan harga Rp 5 ribu saja?.

Es buah model begini ada di Jl. Kalimantan, Kacamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Namanya “Es Buah Bar-bar”. Berbeda dengan es buah pada umumnya, penjual menerapkan konsep es buah prasmanan. Pembeli diperbolehkan mengambil sendiri buah yang akan dibelinya.

Baca Juga : Wayang Kulit Berkelas dari Desa Dukuh Dempok Jember

Harganyapun sangat terjangkau hanya dengan Rp 5 ribu, pembeli sudah bisa mengambil aneka irisan buah yang tersedia. Sesuai dengan namanya, tentu saja es buah disajikan dengan aneka buah-buahan segar.

Baca Juga : Wayang Kulit Berkelas dari Desa Dukuh Dempok

Penjual Es Buah Bar-bar Ghifari Fidra Kazumi mengatakan, dirinya menyiapkan 18 topping. Terdiri dari 9 jenis topping buah dan 9 topping segar lainya. “Kami sediakan buah segar dan juga menu topping lainnya,” katanya.

Topping buah mulai dari potongan buah semangka, melon, pepaya, buah naga, alpukat, nanas, blewah, strawberry, hingga melon. Tak hanya buah, pembeli juga bisa menambahkan topping lainya seperti agar-agar, rumput laut, hingga aneka boba yang kekinian.

Untuk kuah es buah pun tak hanya satu jenis, tapi ada dua. Pembeli bisa memilih kuah sirup merah muda atau kuah susu. Ghifari menyebut, setiap buka lapak tak kurang 800 cup ludes disamber pembeli.

Dhenda, warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari saat ditemui di sela-sela antrean mengaku telah menjadi pelanggan es buah bar-bar. Selain bisa mengambil sendiri sehingga porsinya bisa lebih banyak, rasa es buah bar-bar enak dan membuat ketagihan. “Ini sudah beberapa kali saya ke sini. Bisa ambil sendiri dan rasanya mantap,” katanya.

Mitha pembeli lainnya mengaku baru pertama membeli es buah bar bar. Ia mengaku penasaran setelah melihat video viral es buah bar-bar. “Ini baru pertama ke sini. Saya tahu dari instagram. Penasaran terus mau nyoba gimana rasanya,” ujar perempuan berparas ayu ini. (as/sp)