Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-20 21:31:42

Alokasikan Anggaran Rp 80 Miliar untuk Pelebaran Jalan Raya Bromo

WISATA NASIONAL: Ruas Jalan Raya Bromo di Kabupaten Probolinggo akan dilebarkan oleh Pemerintah Pusat. Pelebaran jalan ini untuk mendukung wisata Gunung Bromo yang masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIIl wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo tengah mempersiapkan pekerjaan pelebaran Jalan Raya Bromo di 2022 ini. Proyek yang masih dalam tahap lelang itu, BBPJN mengalokasikan anggaran sebesar Rp 80 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen BBPJN VIII, Wahyu Wibowo mengatakan bahwa pelebaran jalan ini untuk melanjutkan program pelebaran sebelumnya. Yakni di ruas Jl. Raya Bromo Desa Patalan, Kecamatan Wonomerto hingga Desa Boto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Libur Lebaran, Pemkab Probolinggo Andalkan Wisata Pantai

Pekerjaanan ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional dari pemerintah pusat. "Semua kami lebarkan dan yang belum dilebarkan, nantinya akan kami lebarkan," ucapnya, Minggu (20/2/2022).

Baca Juga : Libur Lebaran di Jember, Pantai Watu Ulo dan Puncak Rembangan Jadi Andalan

Pria yang biasa dipanggil Bowo itu mengatakan, hingga saat ini, pelebaran jalan itu masih dalam tahap lelang. "Kalau tidak ada perubahan, kami akan mulai proyek setelah lebaran," ujarnya.

Bowo mengatakan bahwa, proyek nasional ini untuk mendukung destinasi wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang masuk dalam 10 destinasi wisata andalan Indonesia. "Bromo menjadi KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional), mas. Jadi untuk mendukung itu kami lakukan pelebaran jalan," katanya. (ang/don)