Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-07 13:45:29

Arus Balik Lebaran, Polres Jember Dirikan 11 Pos

ARUS BALIK: Pos Pengamanan di ruas Jalan Raya Jember-Banyuwangi ini berada di ujut timur Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamatan Silo. Pos tersebut merupakan satu dari lima pospam yang didirikan Polres Jember untuk menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran 2022.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Polres Jember menyiapkan 11 pos sejak 29 April hingga 9 Mei 2022. Tak hanya untuk menyambut arus mudik lebaran. Sebelas pos tersebut juga disiapkan untuk arus balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Dari 11 pos tersebut terbagi menjadi 5 Pos Pengamanan (Pospam), 5 Pos Pantau dan 1 Pos Pelayanan (Posyan). Untuk satu Posyan berada di Roxy Square Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates.

Baca Juga : Ringkus Dua Terduga Pelaku Pembacokan di Dekat Stasiun Jember

Sementara, 5 Pospam berada di Pondokdalem Kec. Semboro; Pospam Tawang Alun Kec. Rambipuji; Pospam Garahan Kec. Silo; Pospam Pantai Papuma Kec. Wuluhan dan Pospam Pantai Pancer atau Pantai Cemara Kec. Puger.

Baca Juga : Pria di Jember Disabet Pedang, Polisi Buru Pelaku

Lalu, 5 Pos Pantau berada di simpang 4 Mangli Kec. Kaliwates; Pos Pantau Stasiun Kereta Api Daops IX Jember; Pos Pantau Alun alun Kec. Rambipuji; Pos Pantau Kafe Gumitir Kec. SIlo dan Pos Pantau simpang 3 Wirolegi Kec. Sumbersari.

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo mengatakan, setiap pos diisi petugas gabungan terdiri dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat, Palang Merah Indonesia (PMI) dan petugas BPBD. “Setiap pos juga terdapat mobil ambulans dan menyediakan mobil derek jika diperlukan,” katanya.

Tak hanya melakukan pengamanan dan mengatur arus lalu lintas, lanjutnya, pada setiap pos juga melayani vaksinasi bagi pemudik.

Hery mempersilahkan bagi pemudik yang belum melakukan vaksinasi untuk mendatangi pos terdekat. Hal itu untuk mengantisipasi penularan Covid-19 yang mungkin terjadi selama mudik berlangsung. (bp/don)