Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-20 13:17:17

Bangun Pujasera Dua Lantai di Alun-Alun, Target Selesai Desember

BAKAL PUJASERA: Bagian dari revitalisasi alun-alun Kota Probolinggo. Dibangun pujasera di alun-alun Kraksaan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS. COM - Revitalisasi alun-alun Kota Probolinggo kini sudah berjalan. Proyek ini ditarget selesai pada 23 Desember 2022. Revitalisasi ini salah satunya untuk membangun pujasera (pusat jajanan) bagi 90 hingga 100 PKL atau UMKM yang terdata oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo.

Proyek revitalisasi alun-alun ini menggunakan APBD 2022 di pos Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Umum, dan Kawasan Permukiman (PU-Perkim). Pagunya senilai Rp 7.819.000.000. Namun dikerjakan dengan nominal Rp 6. 098. 821.000 sesuai tercantum pada papan proyek.

Baca Juga : Ada 17 Proyek Fisik di Kota Probolinggo Tahun 2022

Kepala Dinas PU-Perkim Setyorini Sayekti menjelaskan, nantinya pujasera ini akan menjadi dua lantai. Hal ini sesuai permintaan DKUPP. Bangunannya juga akan terbuka. "Pujasera konsep bangunan terbuka. Dua lantai, sesuai masukan DKUPP," jelasnya, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga : Barudin, Potret Kebangkitan Perlahan PKL Alun-Alun Kota Probolinggo

Selain pujasera, di alun-alun nanti juga akan dibangun penyediaan wahana permainan anak dan olahraga. Lalu pembangunan gapura dan lampu di gerbang selatan juga pos Satpol PP beserta gudang.

Sementara itu, Kepala DKUPP Fitriawati Jufri mengatakan, sekitar 90 hingga 100 PKL itu adalah yang sudah terdata olehnya. Mereka meliputi PKL yang ada di alun-alun, dan utara Masjid Agung. Mereka bukan PKL baru. "Sekitar 90-100, disesuaikan dengan tempatnya. Itu PKL yang sudah terdata, bukan PKL baru, " katanya melalui pesan singkat kepada tadatodays.com, Senin (19/9/2022)

Fitriawati mengatakan, begitu bangunan selesai, ia akan mengoordinir PKL untuk menempati pujasera. "Iya, nempatinnya setelah selesai," katanya. (alv/why)