Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-26 19:57:28

Banjir Melanda, Warga Probolinggo Terjebak

EVAKUASI: Petugas telah menyiapkan perahu karet di lokasi banjir, untuk mengevakuasi warga yang terjebak di dalam rumahnya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan deras selama 3 jam lebih mengguyur wilayah Kota Probolinggo, Jumat (26/2/2021) sore. Akibatnya, sejumlah rumah di Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok, kebanjiran. Bahkan, air banjir juga disertai dengan material lumpur dan mengakibatkan sebagian warga terjebak di dalam rumahnya.

Untuk menyelamatkan warga yang terdampak banjir, puluhan petugas pemadam kebakaran mengevakuasi warga yang terjabak di dalam rumahnya.

Baca Juga : Selama Pandemi, Jumlah Sampah Rumah Tangga Bertambah

Seperti yang terpantau di RW 3 dan RW 4 Kelurahan Kareng Lor. Sejumlah warga tak sempat menyelamatkan barang-barang berharga yang ada di dalam rumahnya, karena air begitu cepat masuk ke rumah mereka.

Baca Juga : Menumpuk, Pakaian Layak Pakai di Posko Banjir Dringu Banyak Tak Didistribusikan

Dari pantauan tadatodays di lokasi, banjir tak hanya menerjang permukiman warga tapi juga menggenangi sebagian Jalan Raya Prof Hamka. Karenanya, sebagian warga menghalau kendaraan yang melintas di jalur tersebut.

Tauhid, 51, warga RT 8 RW 3 mengatakan, banjir mulai masuk ke rumah warga sekira pukul 17.00 WIB. Ia pun segera mengevakuasi barang-barang di rumahnya. "Kalau rumah wilayah selatan sungai gak sempat (evakuasi)," ujarnya.

Sementara itu, Sopoyono, warga RW 4 mengatakan, banjir itu disebabkan oleh sampah yang menghambat aliran sungai Legundi.

Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito mengatakan, tinggi air banjir yang menerjang rumah warga diperkirakan mencapai 1 meter.

Untuk itu pihaknya masih dalam proses evakuasi dan koordinasi. "Kita masih menunggu perahu karet," katanya saat ditemui di lokasi banjir.

Diketahui, hingga pukul 19.00 WIB, petugas bersama warga masih melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak di dalam rumah. Selain itu, hujan juga masih terus mengguyur wilaya Kota Probolinggo. (ang/don)