Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-09 17:48:42

Bantu Proses Pemulihan Pasca Banjir Bandang Batu, PMI Jember Kirim Relawan

KESIAPSIAGAAN: Relawan PMI Jember menaikkan sejumlah peralatan yang akan dibawa ke lokasi banjir bandang di Kota Batu. Nantinya, peralatan itu akan digunakan untuk membantu proses pemulihan pasca banjir.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Percepat pemulihan pasca banjir bandang di Kota Batu, menjadi perhatian kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember. Untuk membantu proses pemulihan, PMI Jember mengirimkan 11 relawan ke lokasi bencana di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kesebelas relawan PMI Jember itu akan didampingi Kepala Marksa PMI Jember Rupianto, dan Koordinator Humas Ghufron Eviyan Efendi. Para relawan berangkat menggunakan dua mobil sigap bencana, lengkap dengan peralatan evakuasi dari kantor PMI Jember,  Selasa (9/11) sore.

Baca Juga : Longsor, Dua Rumah di Desa Sariwani Tertimpa Material Tanah

Ketua PMI Jember, Zaenal menerangkan, para relawan direncanakan berada di lokasi bencana selama satu minggu ke depan. "Bisa diperpanjang sesuai kondisi," ujarnya.

Baca Juga : Longsor Terjadi di Jalur Kecamatan Sumber, Kedalaman 10 Meter

Zaenal memastikan bahwa relawan yang dikirim merupakan personel pilihan yang ahli d ibidangnya. "Mereka ahli dan siap bergabung dengan relawan lain," tuturnya.

Zaenal menambahkan, selain mengirim relawan untuk daerah lain, PMI juga siap mengantisipasi jika terjadi bencana alam di Kabupaten Jember. Pihaknya telah menyiapkan posko bencana alam di markas PMI, Jalan Jawa Nomor 57 Sumbersari, "Jika sewaktu-waktu ada kejadian, relawan sudah siap" katanya.

Apalagi, ujarnya, sejak Oktober 2021, diperkirakan ada fenomena El Nina dengan curah hujan yang cukup tinggi. "Hampir tiap musim hujan PMI menyiapkan posko bencana, termasuk tahun ini yg diperkirakan terjadi El Nina," ujarnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat terjadi hujan dan angin kencang, khususnya di daerah zona rawan bencana yang telah dipetakan oleh BPBD Jember.

Jika terjadi sesuatu, kata dia, PMI siap melayani dengan menyiapkan call center untuk masyarakat. Yaitu nomor markas PMI  (0331) 337022, nomor Klinik PMI di Jl Brawijaya Jubung di nomor (0331) 423070, dan UDD PMI di Jl Srikoyo di nomor (0331) 488430. (as/don)