Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-08 16:03:51

Bantuan Kebutuhan Korban Erupsi Gunung Semeru Masih Mengalir

BANTUAN: Logistik bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru diturunkan dari kendaraan pikap, di Pendapa Kabupaten Lumajang. Hingga saat ini, bantuan tersebut terus mengalir.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, masih mengalir. Bantuan dari donator, baik dari instansi, organisasi maupun perorangan terus berdatangan di Pendapa Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang.

Dari pantauan tadatodays.com di pendapa pada Rabu (8/12) siang, sejumlah kendaraan pengangkut bantuan logistik terparkir di area pendapa. Ada yang diangkut menggunakan kendaraan pikap, dan tak sedikit pula yang menggunakan mobil pribadi.

Baca Juga : Pasca Erupsi Kedua, Gunung Semeru Naik Status Jadi Siaga

Tak ayal, pendapa kabupaten yang biasanya digunakan unntuk kegiatan pemerintahan, berubah menjadi tempat tumpukan logistik. Sementara, Sebagian logistik lainnya sudah dipindahkan ke Gor Wirabakti, karena jumlah barang bantuan di pendapa overload.

Baca Juga : Siswa SD di Probolinggo Lelang Lukisan untuk Korban Semeru

Jenis bantuan itu beragam. Mulai dari beras ukuran sak, mi instan ukuran dos, boks berisi minuman botol dan gelas, hingga minuman ukuran gallon. Sejumlah tumpukan pakaian juga terlihat di pendapa.

Petugas bagian logistik tak henti-hentinya mendata setiap bantuan yang datang. Petugas juga memilah barang-barang tersebut sesuai dengan jenisnya. Namun sayang, data bantuan yang telah diinput secara elektronik sejak Minggu (5/12) lalu, hilang. “Kini harus nginput lagi secara manual,” kata seorang petugas yang enggan disebutkan namanya.

Perlu diketahui, logistik bantuan di Pendapa Kabupaten Lumajang itu selanjutnya didistribusikan ke sejumlah pos pengungsian korban erupsi Gunung Semeru. Seperti, di Balai Desa Sumberwuluh, Balai Desa Supiturang, Balai Desa Oro Oro Ombo, dan beberapa pos pengungsian lainnya.

Setibanya di pos pengungsian, petugas di setiap pos membagikannya kepada warga pengungsi berdasarkan jenis kebutuhan. Ada yang dibagikan langsung kepada warga, dan sebagian lagi disalurkan melalui perangkat RT dan RW. (zr/don)