Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-06 15:48:59

Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru Overload

MENUMPUK: Bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di pendapa Kabupaten Lumajang, sangat berlebih. Kondisi serupa juga terjadi di lima pos pengungsi sekaligus pos bantuan. Kini, sebagian logistik tersebut dipindahkan ke Gor Wirabakti.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Bantuan logistik untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, terus berdatangan. Sampai-sampai, bantuan beragam jenis itu menumpuk dan overload di sejumlah tempat pengungsin, termasuk di Pendapa Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang. Karena itu, sebagian logistik dipindahkan ke Gor Wirabakti.

Dari pantauan tadatodays.com di Pendapa Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Senin (6/12) siang, bantuan seperti mi instan, minuman kemasan dan pakaian menumpuk di dalam pendapa. Logistik itu merupakan bantuan dari perorangan, komunitas dan perusahaan.

Selain di pendapa, kondisi serupa juga terjadi di pos pengungsian yang ada. Seperti, Balai Desa Condro, Balai Desa Jarit, Balai Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian dan Balai Desa Sumberwuluh serta Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro. Di lima tempat itu, logistik sudah penuh.

Dari kondisi itu, sebagian barang bantuan akhirnya dipindahkan ke GOR Wirabakti. Petugas Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Lusianti mengatakan jika bantuan mengalami overload di 5 posko pengungsian. Oleh karena itu, sebagian barang dipindahkan ke GOR Wirabakti.

Menurutnya, kendala tak cepat tersalurkannya bantuan itu karena para korban erupsi masih berada di tempat pengungsian. Mereka belum kembali ke kampungnya karena rumahnya hancur. “Barang bantuan langsung diberikan di posko bantuan,” kata Lusianti, ditemui di pendapa.

Lusianti menyebut, puncak mengalirnya bantuan terjadi sehari pasca letusan Gunung Semeru.

Hingga saat ini, petugas BPBD Kabupaten Lumajang masih menerima bantuan dan mendata jumlah dan jenis bantuan. Hingga pukul 15.02 Wib, data tersebut belum direkap dan belum dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

Abdurrahman, Top Leader Nasional PT. Tirtayasa Segara Persada, salah satu pabrik pemroduksi air minum yang ikut menyumbangkan bantuan, mengatakan bahw pihaknya mendapatkan donasi uang tunai Rp 10 juta dari anggota Mizoco, dan pakaian layak pakai.

Bantuan tersebut merupakan kiriman tahap pertama yang akan dilakukan oleh komunitas Mizoco Peduli. "Masih ada tahap kedua yang segera didistribusikan," ujarnya. (ang/don)