Iqbal Al Fardi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-23 13:51:13

Bawaslu: 30 Persen Kuota Keterwakilan Perempuan di Panwascam

JEMBER, TADATODAYS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember telah membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024. Pendaftaran dibuka selama 21-27 September 2022. Untuk komposisi Panwascam dalam Pemilu 2024, kuota partisipan perempuan ditambah dari 20 persen menjadi 30 persen.

Kordiv Hukum Humas Data dan Informasi Bawaslu Jember Devi Aulia Rahim mengatakan, 30 persen dari kuota penuh Panwaslu Kecamatan harus diisi oleh keterwakilan perempuan. “Tiga puluh persen kuota Panwaslu Kecamatan harus diisi keterwakilan perempuan,” jelasnya, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga : Kuota Perempuan Belum Terpenuhi, Bawaslu Jember kembali Buka Pendaftaran

Update terbaru di hari kedua pendaftaran, kata Devi, keterwakilan perempuan yang telah diverifikasi sebagai pendaftar masih jauh dari perhitungan. Jumlah pendaftar perempuan baru 15 orang, dan 69 pendaftar laki-laki. 

Baca Juga : Bawaslu Kota Probolinggo Terima 99 Pendaftar Panwascam, 3 TMS

Untuk kecamatan yang sudah memenuhi, menurut Devi berdasarkan data pendaftar yang masuk, baru ada dua dari 31 kecamatan di Kabupaten Jember. “Saya harap perempuan Jember agar lebih percaya diri untuk berpartisipasi,” ungkapnya.

Jika 30 persen kuota keterwakilan perempuan di setiap kecamatan tidak terpenuhi, lanjutnya, maka akan ada perpanjangan masa pendaftaran untuk memenuhi keterwakilan tersebut. “Jika kuota 30 persen itu tidak terpenuhi maka akan diadakan perpanjangan masa pendaftaran,” jelasnya.

Lalu menurut Devi, pihaknya masih optimis kuota 30 persen untuk keterwakilan perempuan tersebut akan terpenuhi. “Kami masih optimis terpenuhi,”  pungkasnya. (iaf/why)