Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-02 22:15:34

Bengkel dan Showroom di Jember Ludes Terbakar

JAGO MERAH: Bengkel dan showroom yang berdekatan di Jalan Hayam Wuruk, Kaliwates, Jember, terbakar hebat pada Kamis (2/6/2022) malam.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dua bangunan berupa bengkel dan showroom di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, terbakar pada Kamis (02/06/2022) pukul 19.30. Untuk memadamkan api, 5 unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan.

Selain 5 unit damkar, sebuah mobil penyemprot busa juga diturunkan agar kebakaran tidak merembet pada bangunan lain.

Baca Juga : Bakar Rumput Sisa Pakan, Kandang Sapi Terbakar

Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Jember Nino Eka Putra mengatakan, pihaknya baru mendapatkan laporan dari masyarakat sekitar pukul 20.00 WIB. "Kami mendapatkan laporan kalau ada kebakaran di Mangli, Kecamatan Kaliwates sekitar pukul 20.00," katanya.

Baca Juga : Rumah Terbakar, Kakek asal Kalikajar Kulon Terluka

Menurutnya, bangunan yang pertama kali terbakar adalah bengkel. Dari bengkel, api langsung merambat ke bangunan sebelahnya yaitu showroom. " Api diduga muncul dari bengkel, hingga merembet ke bangunan sebelahnya berupa showroom," ungkap Nino.

Dia mengatakan, ada kendala dalam proses pemadaman. Pintu bengkel dalam keadaan terkunci dan aliran listrik yang masih menyala. Kondisi itu dapat membahayakan petugas. "Ini aliran listriknya menyala. Kalau memaksa masuk langsung, akan membahayakan petugas. Ditambah lagi juga kesulitan untuk masuk ke lokasi karena terkunci," ujarnya.

Api cepat membesar karena di dalam bengkel terdapat material yang mudah terbakar, seperti sparepart dan oli serta bahan lainnya. "Maka dari itu, kami membutuhkan waktu 1 jam lebih untuk proses pemadaman api tersebut dan menerjunkan 5 unit mobil pemadam kebakaran. Sekarang dalam proses pendinginan," tuturnya malam itu.

Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo menambahkan, penyebab kebakaran masih belum diketahui. Tetapi perkiraan sementara, api muncul karena arus pendek listrik. "Untuk pastinya kita akan lakukan uji labfor agar bisa memastikan penyebabnya," terangnya.

Kebakaran tersebut baru bisa dipadamkan pukul 21.30 WIB. Belum ada laporan korban jiwa dari kejadian ini. Total kerugian juga masih belum dipastikan. Yang jelas, kebakaran ini sempat membuat jalur lalu lintas mengalami kemacetan. (bp/why)