Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-03 18:25:02

Berdayakan UKM Rokok Kecil, Pemkab Pasuruan Gandeng Pemkab Kudus

KUNJUNGAN: Bupati Pasuruan diterima Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kudus, Agus Budi Satrio di Ruang Command Center Pemkab Kudus (03 Oktober 2021).

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Pemkab Pasuruan menggandeng Pemkab Kudus terkait kerjasama pemanfaatan pengolahan industri rokok.  

Rombongan Bupati Pasuruan diterima Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kudus, Agus Budi Satrio di Ruang Command Center Pemkab Kudus (03 Oktober 2021).

Baca Juga : Pemkab Rencanakan Bangun Kawasan Industri Hasil Tembakau

Bupati Pasuruan menyatakan beberapa poin penting. Diantaranya terkait Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang masih perlu banyak belajar dari pendirian IHT di Kudus.

Baca Juga : Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Diskominfo Kota Probolinggo Sosialisasi Ketentuan Cukai

"Kabupaten Pasuruan masih perlu belajar bagaimana IHT ini berjalan. Usaha rokok kecil banyak, tapi belum ada wadah untuk mengolahnya", Kata adik Walikota Pasuruan ini.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kudus menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Kudus terhadap para pelaku UKM rokok disana. Kata Agus, keberadaan IHT bertujuan untuk menampung dan memberdayakan UKM rokok kecil. Baik yang diolah dengan cara menggunakan tangan maupun yang sudah menggunakan mesin.

"Pembukaan dari LIK-IHT diharapkan dapat menjadi tempat dari produksi UKM rokok dan mengurangi angka pengangguran", jelasnya.

Ditemani Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian Koperasi dan UKM, Pemerintah Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi, Gus Irsyad berkesempatan berkeliling. Meninjau dan melihat secara langsung ke lokasi pembuatan rokok sigaret kretek tangan hasil produksi karyawan UKM rokok di lingkungan IHT.

Diakhir kunjungannya, Bupati dan rombongan juga menyempatkan diri mengunjungi laboratorium pengujian TAR (Total Aerosol Residue) dan Nikotin. Keduanya berada dalam satu komplek dengan IHT. (*)