Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-07 19:10:47

BI Jember Siapkan Uang Tunai Rp 4,98 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat

UANG: BI Jember telah menyiapkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat di momen lebaran tahun ini. Besarannya mencapai Rp 4,98 triliun untuk wilayah Jember, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

JEMBER, TADATODAYA.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember, menyiapkan uang tunai sebesar Rp 4,98 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat Jember dan perbankan wilayah BI Jember menjelang Lebaran 2022. Selain untuk wilayah Jember, gelontoran uang tunai tersebut juga untuk memenuhi wilayah Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Banyuwangi.

Kepala Perwakilan BI Jember, Yukon Afrinaldo mengatakan bahwa jumlah uang yang disediakan tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 61,16 persen. Diketahui, penyiapan uang tunai tahun lalu sebesar Rp 3,09 triliun.

Baca Juga : Sehari, BI Jember Layani Penukaran Uang Baru untuk 400 Orang

Yukon menjelaskan, komposisi uang tersebut terbagi menjadi dua. Pertama, Rp 4,56 triliun uang pecahan besar, dan kedua Rp 420 miliar untuk uang pecahan kecil. “Jumlah tersebut termasuk Rp 2,5 triliun yang siap edar dan kini dititipkan di Kantor Pusat BI di Khasanah BI Jember, " katanya, Kamis (6/4/2022).

Baca Juga : Jadi Desa Digital, Sidomulyo Gunakan QRIS Sebagai Salah Satu Alat Pembayaran

Yukon memprediksi, kebutuhan uang tunai periode Ramadan tahun ini diperkirakan sebesar Rp 1,14 triliun atau menurun sebesar 47,84 persen dari data tahun sebelumnya sebesar Rp 2,18 triliun.

Hal tersebut dikarenakan optimalnya Transaksi Uang Kartal Antar Bank (TUKAB), kemudian dengan penggunaan mesin ATM setor dan tarik tunai atau Cash Recycling Cachine (CRM) di beberapa bank.

Terkait penukaran uang di Wilayah BI Jember, Yuko menerangkan terdapat 81 titik penukaran, seperti loket bank umum khusus nasabah yang dapat dilakukan mulai 4-29 April 2022. Namun untuk masyarakat umum, BI Jember juga membuka layanan penukaran kas keliling di Roxy Mall Jember mulai 18-20 April 2022. (bp/don)