Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-18 19:54:04

BMKG Banyuwangi Prediksi Banjir Rob Berlangsung Dua Hari

BENCANA RUTIN: Banjir rob di tiga kelurahan di Banyuwangi diprediksi BMKG bakal berlangsung hingga 2 hari.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi memprediksi banjir rob akan berlangsung hingga 2 hari mendatang. Hari pertama banjir rob sudah terjadi Rabu (18/5/2022). Untuk itu, warga di wilayah pesisir diimbau waspada.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Anjar Triono mengatakan, banjir rob merupakan kondisi naiknya permukaan air laut hingga ke daratan. Hal tersebut tersebut terjadi karena bulan sedang berada pada posisi penuh atau purnama yang menyebabkan laut menjadi pasang. "Diprediksi fase bulan purnama akan berlangsung selama 3 hari. Mulai 18 hingga 20 Mei 2022," ungkapnya.

Baca Juga : Polres Probolinggo Terjunkan Puluhan Personel Urai Kemacetan

Anjar menambahkan, gelombang diprediksi akan mulai pasang pada pukul 10.00 - 11.00 WIB. Sedangkan gelombang maksimal mencapai ketinggian 120 cm. Adapun dengan gelombang yang terus naik dan bisa masuk ke pemukiman warga, selanjutnya gelombang akan diprediksi surut pada pukul 17.00 WIB.

Baca Juga : Terjebak Macet Panjang, Sopir Mengeluh

Untuk itu, Anjar mengimbau agar masyarakat khususnya wilayah pesisir mewaspadai kenaikan gelombang tersebut. Sehingga hal itu tidak menimbulkan ataupun kerugian bagi masyarakat. "Khususnya, masyarakat yang ada di pesisir, diimbau agar selalu waspada," tandasnya. (rl/why)