Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-11 18:11:45

Bolak-balik Antar Jenazah Korban Erupsi Semeru, Mobil Ambulans Ini Mogok

DORONG: Sebuah mobil ambulans yang digunakan untuk mengangkut jenazah korban erupsi Gunung Semeru, mogok saat akan meninggalkan RSUD Haryoto menuju lokasi bencana erupsi. Beruntung, setelah diotak-atik, mobil tersebut akhirnya menyala.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Sebuah mobil ambulans milik komunitas Salam Aid Bogor yang menjadi relawan di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, mogok setelah bolak balik mengantar jenazah korban erupsi Gunung Semeru ke RSUD dr. Haryoto Lumajang, Sabtu (11/12/2021).

Dari pantauan tadatodays.com, mobil tersebut tiba di Instalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD dr Haryoto, sekira puku 12.20 Wib. Saat itu mobil tersebut mengantar jenazah yang ditemukan di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Baca Juga : Pasca Erupsi Kedua, Gunung Semeru Naik Status Jadi Siaga

Namun saat akan meninggalkan rumah sakit, mobil tersebut tidak bisa distarter. Tak ayal, ambulans tersebut didorong oleh beberapa orang. Akan tetapi, tetap saja tidak menyala.

Baca Juga : Siswa SD di Probolinggo Lelang Lukisan untuk Korban Semeru

Untuk mengetahui penyebab mogoknya mobil asal Bogor tersebut, seorang relawan kemudian mengutak-atik. Mobil pun menyala, dan langsung kembali menuju daerah bencana.

Sopir ambulans bernama Wahyu Febrianto, menyampaikan kalau mobil tersebut sudah kelelahan. Karena hampir setiap harinya harus beroperasi mengantar jenazah dari lokasi bencana erupsi menuju rumah sakit, dengan perjalanan sekitar dua jam. "Sudah seminggu ini, mas," terangnya pada awak media.

Selain itu, kata Wahyu, kondisi jalan yang berlubang di daerah dekat lokasi bencana juga berpengaruh terhadap kelancaran laju mobil. Apalagi di lokasi bencana kondisinya juga berlumpur dan menanjak, sehingga membuat mobil harus bekerja ekstra. "Sebelumnya tidak pernah begini," kata anggota relawan Salam Aid Bogor itu. (zr/don)