Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-28 14:21:35

Bupati Hendy Resmi Berangkatkan Mudik Gratis dari Jember ke Madura

FASILITAS: Ratusan warga Madura mendapatkan fasilitas mudik gratis dari Pemkab Jember. Fasilitas ini salah satunya dimaksudkan untuk menekan angka lalu lintas.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember resmi memberangkatkan bus gratis untuk mudik. Bupati Jember Hendy Siswanto memberangkatkan ratusan penumpang dari Pendapa Wahyawibawagraha, Kamis (28/4/2022) sekira pukul 08.00 WIB.

Ada 3 armada yakni 2 unit bus dan satu mini bus dengan layanan rute Jember-Madura yang difasilitasi pemkab. Rutenya hanya Jember ke Madura. Dishub beralasan banyak warga Madura yang selama ini berdomisili di Jember dan hendak mudik ke kampung halamannya.

Baca Juga : Tampilkan Tari Lahbako dan Sadeng secara Kolosal dalam Pembukaan Porprov VII

Dalam sambutannya, Bupati Jember Hendy Siswanto mengimbau pemudik tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, mereka diharapkan menjadi agen penyebar informasi mengenai hal-hal positif tentang Kabupaten Jember. Baik pada keluarga di Madura, maupun tetangga.

Baca Juga : Dispora Jember Optimistis 15 Venue Porprov Jatim VII Siap Dipakai

Harapannya, warga Madura banyak yang berkunjung ke Jember untuk berwisata. "Jangan lupa nanti untuk kembali ke Jember lagi, ajak keluarga untuk datang ke Jember," katanya.

Terkait pemberangkatan rute ke Madura, Bupati Hendy mengatakan bahwa 10 persen warga yang ada di Jember berasal dari Madura. Karena itu, pihaknya memfasilitasi warga Madura untuk mudik lebaran tahun ini. Bahhkan, Hendy berencana menambah armada pada lebaran tahun depan.

Fasilitasi mudik ini dimaksudkan untuk meringankan beban ekonomi dan lalu lintas di jalan. "Risiko tinggi kecelakaan dengan korban meninggal kalau lebaran sampai ratusan. Karena itu, kegiatan ini dimaksudkan menekan angka risiko tersebut," ungkapnya.

Terkait kepulangan pemudik, Hendy meminta kepada rombongan untuk menentukan jadwal. Dengan begitu, pihaknya bisa melakukan penjemputan, sama seperti saat mudik dilakukan. "Sepakati tanggal berapa, agar dilakukan penjemputan. Harus janjian, jangan sendiri-sendiri," pesannya. (*/bp/sp)