Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-27 13:05:22

Bupati Hendy Resmikan, Mini Zoo Kebun Binatang Edukasi di Jember

WAHANA: Keberadaan Jember Mini Zoo disambut baik oleh Bupati Jember Hendy Siswanto (tiga dari kanan) karena menambah destinasi wisata di wilayahnya. Dengan begitu, masyarakat Jember memiliki banyak pilihan untuk berwisata.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bagi anda warga Jember dan sekitarnya yang ingin berwisata alam sembari belajar mengenal berbagai macam binatang, tak perlu jauh-jauh ke Taman Margasatwa Ragunan yang ada di Jakarta Selatan atau Kebun Bintang Surabaya (KBS). Sebab, di Kabupaten Jember sudah ada wisata kebun bintang mini bernama “Jember Mini Zoo”.

Jember Mini Zoo merupakan wisata kebun binatang kecil berbasis edukasi yan terletak di Jalan Brawijaya, Komplek Redjo Agung, Tanjung, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates.

Baca Juga : Kueren! TPA Pakusari Disulap Jadi Tempat Wisata Edukasi

Letak kebun bintang milik Adnan Muhammad, ini berada di kecamatan dalam kota. Untuk jarak tempuh dari Alun-alun Jember, hanya sekitar 10 menit saja dengan mengendarai mobil. Sangat dekat. Jember Mini Zoo, sangat recomended bagi keluarga yang ingin melepas penat di tengah padatnya pekerjaan.

Baca Juga : Bupati Hendy Resmikan Mini Zoo, Kebun Binatang Edukasi di Jember

EDUKASI: Mengenalkan dunia hewan pada anak menjadi salah satu tujuan dibangunnya Jember Mini Zoo. Dengan begitu, anak memahami pentingnya menyayangi sesama makhluk.

Kebun bintang yang berdiri di atas lahan seluas 7 hektare ini, sedikitnya dihuni 300 satwa dari berbagai jenis. Mulai dari burung unta (Struthio camelus), kura-kura sulcata (Centrochelys sulcata), kuda poni (Equus ferus caballus), burung merak biru atau merak India (Pavo cristatus), rusa tutul atau rusa totol (Axis axis), kelinci, ular albino, sapi perah, burung hantu, biawak raksasa, hingga domba bertanduk.

Kebun bintang mini ini didesain sebagai wisata berbasis edukasi keluarga. Oleh karenanya, setiap pengunjung yang hadir akan dipandu oleh guide saat berkeliling melihat satwa. Pemandu juga memberikan penjelasan secara sepesifik mengenai spesies, jumlah populasi, dan juga bagaimana cara perawatanya.

Selama melihat satwa, pengunjung juga diperbolehkan memberi makan secara langsung satwa-satwa yang ada. Nah, kandang kelinci menjadi lokasi favorit bagi pengunjung khususnya anak-anak. Melihat kelinci berlarian sambil memberinya wortel, menjadi pengalaman seru bagi anak-anak yang baru belajar mengenal satwa dan lingkungan.

Tak hanya menawarkan edukasi satwa. Jember Mini Zoo juga memanjakan pengunjung dengan wisata khas alam lainya, seperti mengelilingi danau buatan degan perahu. Pemandangan danau yang hijau bisa menjadi spot foto yang menarik. Setelah lelah mengelilingi danau, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati menu di resto berkonsep alam hijau.

ALAM: Danau buatan melengkapi wahana di Jember Mini Zoo. Dengan menggunakan perahu wisata, pengunjung bisa mengelilingi wahana air alami tersebut.

Adnan Muhammad, selaku pemilik Jember Mini Zoo mengatakan bahwa, Jember Mini Zoo dihadirkan untuk wisata keluarga yang edukatif dan nyaman. “Kami ingin mengedukasi masyarakat sekaligus menanamkan rasa cinta kepada satwa maupun lingkungan,” terangnya.

Nah, wisata Jember Mini Zoo ini resmi dibuka oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Rabu (12/1/2022). Saat itu, Bupati  Hendy mengaku bangga dan senang karena di wilayahnya ada wisata kebun binatang berbasis edukasi. “Baru pertama kali ada di Kabupaten Jember,” ujar Hendy.

Menurutnya, untuk mengenalkan rasa cinta kepada alam dan hewan kepada anak-anak, penting menurutnya kepada orangtua untuk mengajak anaknya ke Jember Mini Zoo. “Silahkan kunjungi Jember Mini Zoo, agar anak-anak kita mengenal lebih jauh tentang apa itu hewan,” katanya

Bagi anda yang ingin mengunjungi Jember Mini Zoo, anda bisa datang setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB. Untuk harga tiket, setiap pengunjung cukup merogoh kocek Rp 20.000, dan sudah dapat berkeliling menikmati wisata edukasi Jember Mini Zoo. (as/don)