Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-11 21:47:18

Curi Sapi Limousin Milik Tetangga, Warga Jember Terancam 7 Tahun Penjara

DITEMUKAN: Sapi milik Poniyatun, warga Wuluhan yang dicuri tetangganya akhirnya berhasil ditemukan. Pelakunya adalah Joko Siswoyo, tetangganya sendiri.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Joko Siswoyo, 41, warga Dusun Krajan RT 1/RW 8, Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember terancam 7 tahun mendekam dalam penjara. Itu setelah ia disangka melakukan pencurian sapi jenis limousin milik tetangganya sendiri.

Tersangka tampak tertunduk lesu saat digelandang ke Mapolsek Wuluhan, Rabu (11/11/2020). Kanit Binmas Polsek Wuluhan Ipda Handoko menerangkan, pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu dibekuk Unit Reskrim Polsek Wuluhan, 9 jam pasca peristiwa pencurian.

Baca Juga : Mencuri di Konter Seluler, Residivis asal Lumajang Diamankan

“Pelaku ini mengambil sapi yang tengah hamil, dari kandang korban milik Poniyatun, 55, Selasa (10/11/2020) dini hari. Selasa siang sudah kita amankan ke Mapolsek,” ujarnya.

Baca Juga : Diparkir di Halaman Ruko, Motor Pegawai Koperasi Raib Digondol Maling

Dari hasil pemeriksaan, pelaku tergiur dengan ukuran sapi yang sangat besar. Pelaku juga mengaku tidak berniat langsung menjual, tetapi ingin memeliharanya terlebih dahulu. Jika anaknya sudah lahir, induknya akan dijual.

Dari pemeriksaan tersebut, juga diketahui bahwa jarak antara rumah korban dengan pelaku hanya sekitar 500 meter saja. Sehingga pelaku tidak butuh waktu lama untuk membawa sapi dari kandang pemilik sapi menuju kandang miliknya.

“Setelah berhasil melepas ikatan, sapi dibawa pelaku lewat jalan pintas dan langsung dimasukan ke kandang milik pelaku,” jelasnya. Akibat perbuatan nekatnya itu, tersangka terancam pasal 363 ayat 1 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman di atas 7 tahun penjara. (as/sp)