Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-04 20:43:48

Damkar Jember Amankan Ular Sanca Sepanjang 2,5 Meter

EVAKUASI: Petugas Damkar Pemkab Jember mengevakuasi ular sanca sepanjang 2,5 meter, dari dalam kandang ayam milik warga.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Seekor ular sanca atau Reticulatus Python sepanjang 2,5 meter dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Jember, dari kandang ayam milik warga di Jalan Danau Toba, Lingkungan Panji, Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Komandan Damkar Mako A Pemkab Jember, Suharto, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mengerahkan empat petugas menuju lokasi untuk menangkap ular dengan diameter tubuh 15 sentimeter itu.

Baca Juga : 4 Gudang di Mayangan Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Meski ular tersebut sempat melakukan perlawanan, petugas hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menangkapnya.

Baca Juga : Ular Kobra Masuk Rumah, Warga Resah, Damkar Bertindak

"Saat akan ditangkap ular itu agresif, tapi sekitar 15 menit berhasil kita amankan," ujarnya Jum'at (4/12/2020).

Lebih lanjut, Suharto menjelaskan, pada saat musim penghujan dengan sekala panjang hingga berhari-hari seperti saat ini, dapat dipastikan ular akan keluar dari sarangnya dan telur-telur ular yang selama ini dierami pun menetas.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat Jember berhati-hati, terlebih bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan sungai atau semak blukar.

Ia menambahkan, bagi warga yang melihat ular berada di lingkungan penduduk agar melapor kepada Damkar.

"Jika melihat jangan langsung pergi, hubungi kami amati saja arahnya kemana. Nanti kami yang menangkap," pungkasnya.

Sementara, ular sanca yang berhasil ditangkap tersebut lalu dibawa menuju Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk dilepas di tempat yang lebih aman. (as/don)