Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-07 14:17:56

Dapat Jaket yang Dipakai Presiden Jokowi, Pengungsi Ini Begitu Bahagianya

JAKET PRESIDEN: Bayu Putro Laksono, begitu sumringah saat ditemui tadatodays.com sambil memakai jaket warna coklat muda. Bayu bahagia bukan karena ditemui wartawan tadatodays,com. Melainkan karena jaket yang dipakainya merupakan pemberian langsung Presiden Joko Widodo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), mengunjungi langsung lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021). Di awal kunjungannya, Presiden Jokowi mengunjungi warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru di Posko Pengungsian Desa Sumberwulu, Kecamatan Candipuro. Saat itu, Jokowi memberiikan jaket yang dipakainya kepada seorang pengungsi.

Ya, jaket yang semula dipakai orang nomor 1 di Indonesia itu diberikan kepada Bayu Putro Laksono, 27, warga Dusun Sukosari, Desa Sumberwulu, Kecamatan Candipuro. Saat itu, Bayu bersama pengungsi lainnya sedang berada di tenda pengungsian.

Ditemui wartawan tadatodays.com di Posko Pengungsian Balai Desa Sumberwulu, Bayu mengatakan bahwa Presiden Jokowi tiba di pengungsian sekira pukul 11.00 Wib.

Nah, saat Jokowi dan rombongan memasuki tenda pengungsian, sang presiden kemudian memanggil Bayu. “Gak nyangka. Pak Jokowi memanggil dan menunjuk saya,” ujar Bayu, dengan raut wajah bahagia.

Bayu menuturkan, saat itu Presiden Jokowi menyampaikan bahwa postur tubuhnya mirip dengan postur badan Bayu. Lantas, Jokowi mencopot jaket yang dipakainya dan diberikan kepada Bayu.

Setelah itu, Jokowi juga menanyakan kabar para pengungsi lain yang berada satu tenda dengan Bayu. Selanjutnya Jokowi meninggalkan lokasi pengungsian di Balai Desa Sumberwulu.

Kepada tadatodays.com, Bayu mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya setelah mendapat jaket dari Presiden Jokowi. Karena itu, ia langsung membungkus dan menyimpan jaket tersebut. "Khawatir bau keringat kalau dipakai saya," ujarnya.

Meski Bayu baru pertama kali bertemu dengan Presiden Jokowi, namun Bayu menilai Jokowi sebagai  sosok yang sangat perhatian dengan masyarakatnya. Termasuk terjun ke Lumajang untuk mengetahui bagaimana kondisi masyarakat yang terkena musibah. "Pak Jokowi langsung meninjau lokasi," ucapnya.

Senada dengan Bayu, Pairin, 49, pengungsi lainnya asal Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwulu, mengungkapkan rasa terimakasih kepada Jokowi karena sudah datang ke lokasi bencana.

Ia menyebutkan, jika ketersediaan barang yang dibutuhkan warga sangat tercukupi. "Saya berharap kondisi Gunung Semeru bisa baik-baik saja," katanya. (ang/don)